Sabtu, 28 April 2012

Etika Berpakaian Dalam Shalat

Bismillahirrahmaanirrahim.





"Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan."(QS.Al-A’raf: 31)

Pakaian, sebagian orang menganggap pakaian sebagai hal sepele, sebagian lainnya menganggap sebagai hal yang sangat berarti. Akan tetapi, lebih banyak lagi yang menganggap pakaian sebagai hal yang sepele sekaligus berarti. Ironisnya, pakaian dianggap sebagai hal yang berarti ketika seseorang menghadapi orang lain, akan tetapi dianggap sebagai hal yang sepele ketika menghadap Tuhannya. Mungkin saya termasuk dalam kelompok orang-orang seperti itu.

Diantara kesalahan-kesalahan saat sholat yang biasa kita jumpai di masyarakat, adanya kebiasaan sebagian orang yang memakai pakaian-pakaian yang bergambar, entah gambar makhluk yang memiliki ruh alias nyawa (seperti, manusia, dan hewan), ataukah gambar yang tak memiliki ruh (seperti, gambar pemandangan, mobil, angka, huruf, dan lainnya) yang menarik perhatian.

Terkadang kita sholat, di depan kita ada seorang yang memakai baju atau celana bergambar ular naga, tengkorak, salib, mobil, dan lainnya. Ada yang memakai sarung yang memiliki merek dan cap yang nampak dari belakang, sebelah bawah sarung dekat tumit bertuliskan Wadimor, Cap Mangga, dan lainnya sehingga hal ini mengingatkan kita dengan promosi-promosi yang dipajang di pinggir jalan.

Ada yang memakai baju sepak bola dalam sholat yang dihiasi dengan sejumlah nama-nama tenar bintang sepak bola beserta nomor punggung mereka yang terkenal, sehingga dalam sholat terpaksa sebagian orang mengingat Maradona, Ronaldo, Roberto Baggio, Zinedane Zidane, dan lainnya.

Ada yang mengenakan pakaian yang berlogo, dan bergambar grup-grup musik beserta musisinya, seperti Nirvana, Iron Maiden, Guns ‘N Roses, Rolling Stone, dan lainnya sehingga memalingkan kita dari mengingat Allah, oh malah mengingat orang-orang fasiq seperti mereka !! Wal’iyadzu billah min dzalik…(Al-Makasary)

Pakaian sebagai kebutuhan primer kita sehari-hari sangat layak diperhatikan terlebih ketika kita menghadap tuhan, Allah SWT di dalam shalat. Kita diharuskan berpakaian bersih suci dari segala jenis najis dan menutup aurat.Ada beberapa kriteria yang harus diikuti dalam berpakaian dalam shalat. Diantaranya, bersih, menutup aurat, dan tidak ketat.

Saat tiba waktu shalat, kita harus mengganti pakaian aktivitas sehari-hari lalu memakai pakaian yang bersih untuk shalat. Karena, tuhan sangat menyukai hal-hal yang bersih.

Saya ingin sedikit bercerita, tentang seorang bapak penjual perkakas. Siang itu, setelah adzan dzuhur baru ada beberapa orang saja di dalam masjid, salah satunya bapak itu. Saat itu saya lihat dia sedang mengambil sesuatu dari tas yang ia simpan di samping kardus berisi perkakas dagangannya. Saya tidak terlalu memerhatikan apa yang ia ambil dari tasnya saat itu. Ketika iqamah barulah saya menyadari bahwa pakaian yang ia kenakan sekarang, berbeda dengan pakaian yang tadi ia pakai, rupanya tadi ia mengambil pakaian ganti. Darinya, saya belajar tentang keseriusan dalam beribadah, dimulai dari memakai pakaian yang pantas.
Mungkin pakaiannya bukan pakaian mahal, tapi itu adalah pakaian yang terbaik yang ia miliki, untuk dipakai menghadap Rabbnya.

shalat aurat terbukaMengenakan pakaian ketat jelas tidak disukai syariat dan kedokteran karena efeknya berbahaya bagi badan. Bahkan ada yang saking ketatnya hingga membuat pemakainya tidak dapat sujud. Bila karena mengenakannya seseorang meninggalkan shalat, maka jelas pakaian semacam ini haram. Memang, kenyataan menunjjukkan bahwa mayoritas orang yang mengenakan pakaian semacam ini adalah orang-orang yang tidak shalat.

Selanjutnya, pakaian tidak boleh tipis dan tidak transparan. Sebagaimana dibencinya shalat dengan pakaian ketat yang menggambarkan bentuk aurat, maka demikian pula tidak boleh shalat dengan pakaian yang tipis yang tampak secara transparan apa yang ada di baliknya.(UPex)

Dikaitkan dengan kekhusyu'an shalat, memang itu tergantung pribadi masing-masing, dan tidak ada orang yang bisa menilai hati orang lain dengan tepat. Akan tetapi, jika untuk menjadi khusyu dari hati saja susahnya luar biasa, apalagi kalo ditambah dengan adanya bacaan atau gambar di baju yang dikenakan orang di depan kita. Tulisan ini bukan melarang pembaca untuk memakai pakaian bergambar / kotor / jelek, melainkan hanya menyarankan pembaca untuk mengenakan pakaian yang baik ketika menghadap Allah subhanahu wa ta'ala.

Sabtu, 21 April 2012

Kode Bank ATM Bersama

kode bank atm bersama
Setelah sempat bingung waktu ngelayanin customer, dia nanya kode bank BNI, akhirnya saya googling dulu, dapat deh Daftar Kode Bank ATM Bersama. Buat arsip pribadi, saya publish aja di blog sendiri. Berikut ini daftar kode bank atm bersama.

1. Bank BNI 009
2. Bank Mandiri 008
3. Bank BRI 002
4. Bank Danamon 011
5. Bank Permata 013
6. Bank Niaga 022
7. LippoBank 026
8. Bank NISP 028
9. Bank BII 016
10. Bank Bukopin 441
11. Bank Bumiputera 485
12. Bank Mega 426
13. Bank Panin 019
14. Bank Muamalat 147
15. Bank Syariah Mandiri 451
16. Bank Syariah Mega Indonesia 506
17. Bank UOB Buana 023
18. Bank Commonwealth 950
19. Bank Mayapada 097
20. ABN AMRO 052
21. Standard Chartered Bank 050
22. Bank DKI 111
23. Bank Jabar 110
24. Bank Riau 119
25. Bank Jatim 114
26. Bank Nagari 118
27. Bank Papua 132
28. Bank NTT 130
29. Bank BPD NTB 128
30. Bank Sulsel 126
31. Bank Sulut 127
32. Bank BPD Jambi 115
33. Bank Lampung 121
34. Bank BPD DIY 112
35. Bank Sumut 117
36. Bank Maluku 131
37. Bank BPD Bali 129
38. Bank BPD Kaltim 124
39. Bank Kalsel 122
40. Bank Sultra 135
41. Bank Bengkulu 133
42. Bank BPD Aceh 116
43. Bank Nusantara Parahyangan 145
44. Bank Mestika 151
45. Bank IFI 093
46. Bank Ina Perdana 513
47. Bank Agroniaga 494
48. Bank Saudara 212
49. Bank Eksekutif 558
50. Bank Arta Niaga Kencana 020
51. Bank Ganesha 161
52. Bank Mayora 553
53. Bank Artos Indonesia 542
54. BPR KS 558
55. Bank BPD Kalteng 125
56. Bank Swadesi 146
57. Bank Jateng 113

Kamis, 19 April 2012

Belajar Menyikapi Perbedaan Pendapat

Bismillah.
Hm.. beda pendapat jangan sampe bikin konflik. Namanya manusia, mereka punya pikiran masing-masing, punya ide masing-masing. Kalau nggak mau ada perbedaan itu berarti dia egois, ingin memaksakan kehendak. Atau mungkin sebaliknya, tidak punya pendapat kuat sehingga ngikut aja apa kata orang lain. Dengan tetap berasumsi "yang benar pasti tetap benar", maka jika pendapat yang berbeda itu salah, dan orang yang bersangkutan mau "sadar diri", pasti dia akan ikut ke yang benar.






Banyak banget perbedaan pendapat di lingkungan islam. Perbedaan pendapat yang sering menjadikan seseorang bisa dengan mudah men-cap kafir kepada orang lain. Weleh-weleh.... Gini nih kalo udah punya pendapat, padahal pendapatnya bisa benar, bisa salah. Jika yakin pendapatnya benar, tidak usah ngotot, apalagi kalo pendapatnya salah. Hadapi perbedaan pendapat dengan bijak, bukan dengan galak.

Ada beberapa golongan yang terbentuk dari adanya perbedaan itu. Golongan-golongan itu adalah :

1. Golongan yang memberikan kelonggaran yang berlebihan terhadap masalah Khilafiah, sehingga mereka selalu bertoleransi terhadap setiap perbedaan pendapat yang ada dengan toleransi yang tanpa batas sehingga terlahirlah dari golongan ini paham-paham liberal. Bahkan ada yang mengatakan bahwa semua agama adalah sama.

2. Golongan pertengahan, yaitu golongan yang memberikan toleransi terhadap Khilafiah tertentu, dan tidak memberikan toleransi terhadap Khilafiah atau perbedaan pendapat yang lain.

3. Golongan yang melampui batas (Ghuluw), mereka sama sekali tidak memberikan toleransi terhadap Khilafiah, Golongan ini selalu merasa paling benar bila terjadi perbedaan pendapat dan tidak mau mendengarkan pendapat lain. Maka terlahirlah dari golongan ini paham takfiri { mengkafirkan yang tidak sepaham dengan mereka). (muratalkeren)

Mana yang terbaik? hm.. bingung juga mana yang terbaik. Di sumber yang saya dapat, nggak ngasih keterangan mana yang terbaik. Tapi dari banyak bacaan (yang pernah saya baca), umat islam sebaiknya menjadi ummatan wasathan, artinya bagian pertengahan. Tidak memihak, tapi memberikan keputusan seadil-adilnya.

Mengapa kita menjadi Ummatan Wasathan? Mengenai hal ini, di dalam Alquran disebutkan:

Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam), umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu. Dan Kami tidak menetapkan kiblat yang menjadi kiblatmu (sekarang) melainkan agar Kami mengetahui (supaya nyata) siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang membelot. Dan sungguh (pemindahan kiblat) itu terasa amat berat, kecuali bagi orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah; dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu. Sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada manusia. (Q.S. Al-Baqarah: 143)

Pengembangan kata “wasathan” menjadi “tawassatha“, seperti “tawassathal makaana awil qawma” yang berarti berada di tengah-tengah suatu tempat ataupun suatu kaum (masyarakat).

Selanjutnya, istilah “Ummatan Wasathan” juga berarti umat pertengahan, umat yang moderat, dan teladan, yaitu umat Islam yang tidak memihak aliran ataupun golongan-golongan tertentu yang bersifat ekstrim. Yang satu adalah kubu yang memberat-beratkan agama. Menurut mereka semuanya bid’ah. Sedangkan kubu yang satunya lagi suka meringan-ringankan agama. Menurut mereka, semuanya boleh. Dalam hal ini, kita tidak memihak kedua-duanya, kita berada di tengah-tengah.

Karena itulah, ciri umat ini adalah berpikir secara holistis (menyeluruh). Tidak hanya mengambil satu ayat, melainkan setiap ayat dikaitkan dengan ayat lain. Tidak hanya itu, juga dikaitkan dengan hadis, serta pandangan-pandangan para sahabat Rasulullah. Selain itu, kita juga harus bersikap tawazzun (seimbang), karena segala sesuatu yang seimbang itu baik. Selain itu, kita harus bersikap i’tidal (lurus).(thenafi)

Yah, gitu deh, seperti saya bilang, kalo punya pendapat, pendapatnya punya dasar yang kuat, jangan terlalu ngotot, yang penting kita sudah menyampaikan sesuatu yang benar, sesuatu yang perlu disampaikan, soal pendapat itu diterima atau tidak, itu terserah mereka. Dari situ kita juga bisa mengambil kesimpulan, bagaimana sifat mereka, dan jika kita pandai, kita pasti bisa menentukan strategi selanjutnya yang bisa digunakan untuk terus menyebarkan berita yang benar. Wallahu'alam. 

Rabu, 18 April 2012

Alasan Wanita Malas Berolahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang berguna bagi kesehatan, oleh karena itu setiap orang baik pria maupun wanita perlu melakukan olahraga untuk memelihara kesehatannya. Olahraga didefinisikan sebagai suatu kegiatan raga dengan tujuan untuk mengolah tubuh agar tetap dalam kondisi sehat baik fisik maupun psikisnya.


Wanita muslimah jangan malas olahraga

Akan tetapi, sebuah penelitian menyatakan bahwa tingkat aktivitas fisik menurun ketika seseorang menjadi mahasiswa. Selain itu pola aktivitas mahasiswa pada umumnya tidak memenuhi standar untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani.

Namun, tidak hanya pria, sebagian besar wanita juga jarang sekali melakukan olahraga? Ada hari-hari ketika Anda dikalahkan oleh berbagai alasan yang memungkinkan Anda tidak melakukan olahraga, padahal sebenarnya Anda memiliki waktu untuk melakukannya.

Berikut ini alasan yang sering disampaikan para wanita jika diajak untuk berolahraga

  1. Maaf, saya capek
  2. Tidak peduli berapa kali keluarga atau bahkan teman Anda mengajak Anda untuk berolahraga bersama, Anda sering menolaknya dengan alasan ini. Olahraga dapat meningkatkan energi dan stamina Anda. Semakin sering Anda berolahraga teratur, semakin banyak energi yang Anda dapatkan. Yang pasti, olahraga lebih baik daripada ngemil sambil menonton televisi.
  3. Maaf, saya sedang sibuk
  4. Ini adalah alasan yang paling sering kita temui. Sibuk bekerja, sibuk mengurus rumah, sibuk mengurus anak dan sebagainya. Jangan biarkan kesibukan Anda menghambat Anda untuk sehat. Untuk mengatasinya, Anda bisa membuat jadwal kegiatan harian Anda dengan baik dan sisipkan waktu setidaknya 20 menit untuk berolahraga.
  5. Nanti make up saya rusak?
  6. Apakah Anda lebih sayang make up daripada kesehatan Anda? Make up tidak akan meningkatkan kesehatan Anda. Tubuh Anda harus aktif bergerak untuk menjaga peredaran darah tetap lancar dan tubuh Anda tetap bugar. Jangan takut jika make up Anda rusak setelah berolahraga, Anda masih bisa memperbaikinya. Seharusnya Anda harus lebih menghawatirkan kesehatan Anda yang ‘rusak’, karena membutuhkan biaya yang lebih banyak dari sekedar membeli make up.
  7. Olahraga apa, ya?
  8. Jika Anda bingung mencari olahraga apa yang sesuai bagi Anda, ajaklah teman Anda yang sudah memiliki rutinitas olahraga. Jika Anda memiliki biaya lebih, Anda bisa meminta bantuan personal trainer untuk memandu Anda berlatih. Carilah informasi sebanyak mungkin seputar olahraga . Dengan informasi yang cukup, Anda akan termotivasi untuk melakukan olahraga.
  9. Sedang tidak mood
  10. Stress dengan pekerjaan, putus dengan pacar, dan sebagainya merupakan faktor yang dapat memperngaruhi mood Anda. Mood adalah perubahan suasana hati yang berubah-ubah setiap saat. Anda dapat menjadikan mood Anda lebih baik dengan berolahraga, karena saat berolahraga tubuh melepaskan hormon endorphin yang dapat membantu suasana hati Anda menjadi lebih tenang.

Nah, berarti tidak alasan lagi bagi Anda untuk tidak berolahraga. Rasakan peningkatan kesehatan setelah berolahraga, dan Anda pun akan menyingkirkan semua alasan yang membuat Anda malas berolahraga.(sumber)

Senin, 16 April 2012

~Don't Overburden Yourself in Religion~


Assalaamualaikum
~Don't Overburden Yourself in Religion~
http://i40.tinypic.com/2luawpw.jpg
http://3.bp.blogspot.com/_MSLoNUTORXU/SXfh2wVOxjI/AAAAAAAAAEo/U-UC4AWqWJc/S176/allah-rose.jpg

Allah Subhanuhu wa Ta`ala says in Noble Qur`an
(interpretation of the meaning):

"Allah desires ease for you;
He does not desire difficulty for you."

(Al Qur'an ~ Surah al-Baqara, 185)
http://i40.tinypic.com/2luawpw.jpg
Allah likes the religion
which is true, straight and easy

http://i40.tinypic.com/2luawpw.jpg

Narrated Abu Huraira (may Allah be pleased with him):
The Prophet (peace be upon him) said,

" Religion is very easy
and whoever overburdens himself
in his religion
will not be able to continue in that way.
So you should not be extremists,
but try to be near to perfection
and receive the good tidings
that you will be rewarded;
and gain strength by worshiping
in the mornings, the nights."

(See Fath-ul-Bari, Page 102, Vol 1).

Bukhari Sharif, Volume 1, Book 2, Number 38.

http://i40.tinypic.com/2luawpw.jpg
Do (good) deeds
which is within your capacity

http://i40.tinypic.com/2luawpw.jpg


Narrated 'Aisha (may Allah be pleased with her):

Once the Prophet (peace be upon him) came
while a woman was sitting with me.

He (peace be upon him) asked, "Who is she?"
I replied, "She is so and so,"
and told him about her (excessive) praying.

He (peace be upon him) said disapprovingly,

"Do (good) deeds which is within your capacity
(without being overtaxed)
as Allah does not get tired (of giving rewards)
but (surely) you will get tired
and the best deed (act of Worship)
in the sight of Allah is that
which is done regularly."
 


 Share this POST with maximum number of people you can.
Guiding one soul to knowledge and faith
is a momentous achievement.
It is what will earn us great blessings, Insha Allah!

May Allah accept this little service from us!
(Allahumma-Aameen)

  http://www.alhudainstitute.ca/images/Eid_Banner_2008.png


http://groups.yahoo.com/group/Islam-Science/join

Minggu, 15 April 2012

Atas Nama Cinta

gambr cinta
Atas Nama Cinta. Sebuah kultwit bersama @candramalik. Cinta butuh pengorbanan, mencintai berarti rela melakukan sesuatu demi yang dicintai. Mencitai berarti segala perbuatan didedikasikan untuk yang dicintai. Mari kita simak.

1. Bismillaahi 'r-rahmaani 'r-rahiim. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
2. Bismillah.. Ayat pertama dari Q.S. Al Fatihah ini sangat akrab dengan keseharian umat Muhammad S.A.W.
3. Bismillah... Ayat ini merupakan pembuka dari segala pembuka pintu rahmat Allah.
4. Dalam Hadits Qudsi, Allah menetapkan Kasih SayangNya melebihi segala hal, termasuk KemurkaanNya sendiri.
5. Kalimat "dengan menyebut nama Allah" sesungguhnya bukanlah sekadar ucapan tanpa makna, melainkan peneguhan.
6. Ayat "bismillah..." meneguhkan bahwa siapa pun yang mengucapkannya sedang bertindak atas nama Allah.
7. Yang membaca "Bismillah..", ia sedang menetapkan dirinya sebagai representasi Tuhan di permukaan bumi.
8. Yang membaca "bismillaahi 'r-rahmaani 'r-rahiim", ia menjadi bukan sembarang orang. Ia menjelma wakil Allah.
9. Yang membaca "bismillaahi 'r-rahmaani 'r-rahiim", ia menjelma wakil Allah. Menjadi lambang CintaNya.
10. Setiap saat seseorang membaca basmalah, seketika itu pula ia memakai jubah keagungan Rahmaan Rahiim Allah.
11. Setiap saat seseorang membaca basmalah, ia mengibarkan panji-panji Cinta dan Kasih SayangNya.
12. Pengucap "bismi 'l-laahi 'r-rahmaani 'r-rahiim" mewujud simbol Kehadiran Tuhan untuk menyentuh hati sesama.
13. Dengan basmalah, ia menemani yang sedih dan khawatir, merawat mereka yang sepi dan merasa ditinggalkan.
14. Pelayanan dan pertolongan pada sesama menjadi pelaksanaan dari menyebut nama Allah Maha Pengasih & Penyayang.
15. Ia yang menyebut nama Allah sekaligus menempatkan dirinya sebagai pemberi kabar gembira dan peringatan.
16. Q.S. Al Ashr menyebut golongan manusia yang tidak merugi: orang beriman, berbuat baik, dan saling menasihati.
17. Golongan Al Ashr saling menasihati tentang hanya Allah Yang Maha Benar dan sabar atas keadaan masing-masing.
18. Kearifan para guru pun mengajarkan Kasih Sayang tak cuma dengan menimang, tapi juga menuntun dan melepaskan
19. Cinta Allah adalah Kasih Sayang yang hakiki. Allah memberi tanpa diminta dan menjaga tiada jeda tiada lena.
20. Dalam Q.S. Al Baqarah ayat 255, Allah menegaskan, Dia bahkan tidak tidur tidak pula mengantuk. Dia Terjaga.
21. Allah Maha Welas Asih. Dia menerbitkan dan menenggelamkan matahari meski tak ada yang memohonnya. Harmoni.
22. Allah mengalirkan nafas dan mengeluarkan keringat dari pori-pori tanpa manusia sadar untuk syukur setiap saat.
23. Siapa yang apabila disebut nama Allah bergetar hatinya, sebagaimana Q.S Al Anfal ayat 2, dialah Pecinta Allah.
24. Siapa yang menyebut nama Allah terus-menerus dan tiada berhenti, dialah Sang Kekasih yang merindukan Allah.
25. Dengan basmalah, ia bertindak atas nama Allah tidak membawa dan menyampaikan apa pun selain Kasih SayangNya.
26. Siapa yang senantiasa menyebut nama Allah sesungguhnya ia mencintai Allah dan Allah mencintainya.
27. Terhadap KekasihNya, Allah menjadi penglihatan baginya melihat, mewujud pendengaran baginya mendengar.
28. Terhadap KekasihNya, Allah merupa peneguh baginya berpegang, dan menjelma pijakan baginya melangkah.
29. Ia yang selalu mendekat kepada Allah menyediakan dirinya untuk menjadi cermin dari sifat dan perilaku Tuhan.
30. Bismillaahi 'r-rahmaani 'r-rahiim. Siapa menyebut nama Sang Rahman Rahiim, ia tak lagi memelihara kebencian.
31. Siapa pun yang bergerak, atau tidak bergerak, atas nama Rahmaan Rahiim, maka sesungguhnya Allah bersamanya.
32. "La tahzan, inna 'l-laaha ma'ana. Janganlah bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita," Q.S. At Taubah 40.
33. Siapa pun yang berada di wilayah ketuhanan Allah Rahmaan Rahiim, ia aman dari segala jangkauan keburukan.
34. Cinta bagai matahari. Meski sangat jauh dari bumi; cahaya, sinar, dan panasnya menembus pori-pori manusia.
35. Cinta juga ibarat angin; terasa kehadirannya meski tak tampak. Ia hadir, bahkan manunggal dengan nafas.
36. Dengan menyebut nama Allah, semoga kita adalah orang-orang yang sabar menghadapi kebencian dengan cinta..
37. Dengan menyebut nama Allah, semoga kita adalah orang-orang yang sabar menghadapi permusuhan dengan kasih.
38. "Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bersabar," kata Allah, dalam Q.S. Ali Imran ayat 146.
39. Bismi 'l-laahi 'r-rahmaani 'r-rahiim. Atas nama Allah, aku berikrar: akulah Cinta bagi semesta raya seisinya.
40. Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang diriku sendiri, dari hawa-nafsuku sendiri.
Sekian, kultwit #ATASNAMACINTA. Demi Cinta. Jika ingin follow @candramalik silakan. Tapi jangan aneh dengan kicauannya yang sedikit 'nyeleneh', bahasa yang belum tentu bisa dipahami orang awam yang sedikit cintanya kepada Sang Maha Pencinta.

Kamis, 12 April 2012

Counter-Strike: Global Offensive - Fire in the Hole!

wah... keren nih game... bikin ngiler aja,,, detail grafisnya makin mantab. Kayaknya harus DOWNLOAD... saatnya hunting.. :D :D ^__^

Selasa, 10 April 2012

Pusing Berat

Bismillah..
Berhubung saya sekarang lagi pusing berat, dan pusing ini sudah dirasakan selama dua hari, jadi saya mulai cari tahu pusing apa yang saya alami ini. Setelah googling sebentar, saya dapet info seputar pusing.

Pusing ! Hampir semua orang, pasti pernah mengalaminya. Dan yang perlu diingatkan banyak orang yang menganggap enteng jenis penyakit. Padahal penyakit ini sering kali menyebabkan aktivitas kita terganggu.

Ternyata penyebab pusing ada bermacam-macam. Kenali, dan hindari sebisa mungkin.

Ada berapa macamkah jenis pusing?

Biasanya orang awam membedakan pusing menjadi beberapa jenis, misalnya limbung saat berdiri mendadak, berkunang-kunang, melayang, dan lain-lain. Pusing sebenarnya terdiri dari dua jenis. Pertama yaitu kondisi di mana penderita merasa segala objek yang ada di depan matanya dan ada di sekitarnya bergerak atau berputar-putar. Kedua adalah kondisi penderita merasa seperti berjalan di atas awan, tubuhnya terasa ringan dan tidak stabil.

Sedangkan berdasarkan penyebabnya, secara garis besar, pusing dapat dibedakan menjadi dua, yaitu pusing yang timbul sebagai akibat dari adanya kelainan pada otak, dan pusing yang disebabkan oleh kelainan pada telinga.

Mengapa pusing timbul?

Pada telinga bagian dalam dua terdapat semicircular canal dan vestibulum yang bertugas mengatur keseimbangan. Selain itu juga terdapat rumah siput yang berfungsi untuk menangkap suara atau sebagai indra pendengaran. Kedua fungsi ini saling berdampingan.

Otak kecil bertugas untuk mengontrol segala macam perintah atau impuls yang berasal dari mata, bagian tubuh lain, terutama alat kontrol organ keseimbangan yang terdapat di dalam telinga. Dengan ini, otak kecil berperan besar dalam menjaga postur dan keseimbangan tubuh manusia. Sehingga bila terjadi kelainan atau gangguan, terutama pada otak kecil atau organ pengatur keseimbagan yang terdapat di dalam telinga, akan menimbulkan pusing.

Pusing yang diakibatkan oleh adanya gangguan pada telinga ini, bersamaan dengan memburuknya fungsi organ pengatur keseimbangan dan selaput gendang. Yang akan dirasakan adalah telinga berdenging dan gangguan pendengaran. Contoh dari kasus ini adalah meniere syndrom dan gangguan pendengaran yang timbul secara mendadak. Sedangkan jenis pusing yang tidak disertai gangguan pada pendengaran antara lain BPPV (Benign Paroxymal Positional Vertigo) dan radang pada vestibulum.

Sedangkan pusing yang diakibatkan oleh gangguan pada otak disebabkan karena memburuknya aliran darah pada arteri yang bertugas untuk mengirim zat gizi dan unsur asam. Hal tersebut dapat disebabkan oleh stres atau penyempitan pada arteri. Keadaan ini dapat menjadi penyebab berbagai macam gangguan pada otak, misalnya pendarahan, infraksi, kanker, dan berbagai macam penyakit lain yang dapat mengancam keselamatan jiwa.

Bisa dijelaskan ciri-ciri pusing yang berbahaya?

Pada saat pusing, biasanya penderita akan merasakan sakit kepala yang hebat, terkadang sampai mual atau muntah. Selain itu tangan dan kaki penderita gemetar, dan objek di depan mata terlihat dobel. Pada kasus yang lebih serius, bahkan penderita sampai kehilangan kesadaran. Bila timbul gejala-gejala serius atau tidak biasa seperti itu, ada kemungkinan terjadi gangguan pada otak, misalnya pendarahan otak atau infraksi. Oleh karena itu, pada situasi demikian sangat disarankan untuk membawa penderita ke rumah sakit sesegera mungkin.

Apabila pusing yang dirasakan tidak terlalu hebat, pertolongan pertama pada penderita adalah dengan membaringkannya pada tempat yang tenang. Setelah pusing dirasakan berkurang, gerak-gerakkan kepala dengan perlahan, dan berusaha untuk mencari posisi yang dapat menghilangkan pusing tersebut. Setelah penderita tenang, bawalah ke ahli THT untuk mendapat pemeriksaan.

Menurut penelitian, lebih dari setengah dari penyebab pusing berasal dari gangguan pada telinga. Yaitu meniere syndrom (22%), BPPV (16%), radang pada saraf vestibulum (7%), dan gangguan pendengaran mendadak (4%). Sedangkan selebihnya disebabkan oleh gangguan pada otak atau tidak diketahui penyebabnya secara pasti pada saat diperiksa.

Pusing sering diidentikkan dengan Meniere syndrom. Bagaimana penjelasannya?

Dapat dikatakan, meniere syndrom merupakan jenis penyakit yang sangat terkenal. Oleh karena itu seringkali pasien langsung divonis menderita meniere syndrom pada saat memeriksakan diri di dokter THT. Padahal sebelumnya mungkin saja dia divonis menderita penyakit lain saat memeriksakan diri pada selain dokter ahlinya.

Meniere syndrom terjadi karena memburuknya metabolisme cairan limpa pada bagian dalam telinga sehingga di dalam telinga menjadi berair. Ciri dari meniere syndrom adalah kepala terasa berputar hebat sampai penderita tidak mampu berdiri. Keadaan ini berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Pada kasus berat, dapat berlangsung sampai setengah hari. Meniere syndrom terjadi secara tidak menentu, dan dapat mengakibatkan kerusakan pada waktu mendatang. Ada kasus penderita kehilangan pendengaran.

Penyakit ini banyak dialami oleh orang pada usia produktif, terutama 30 – 60 tahun. Penyakit yang juga disebut dengan stres ini rentan diidap oleh orang yang serius dan perfeksionis.

Bagaimana penjelasan pusing yang diakibatkan kelainan pada telinga?

Gangguan pendengaran yang terjadi secara mendadak sering kali sulit dibedakan dengan meniere syndrom. Akan tetapi, pada gangguan pendengaran yang terjadi secara mendaadak ini biasanya hanya terjadi sekali. Tumor pada saraf pendengaran memiliki gejala yang mirip dengan kedua penyakit tersebut. Walaupun ini termasuk tumor jinak, tapi sebaiknya dilakukan pemeriksaan dan pengobatan untuk mencegah tumor menjadi besar.

BPPV juga merupakan salah satu jenis pusing yang juga berasal dari gangguan pada telinga. Akan tetapi, tidak disertai dengan telingan mendenging atau gangguan pendengaran. BPPV terjadi akibat adanya pengelupasan pada bagian dalam vestibulum lalu masuk ke semicircular canal.

Ciri dari BPPV adalah penderita merasa kepala berputar dengan hebat pada saat posisi tubuh tidak semestinya, misalnya ketika bangkit dari tempat tidur, saat membungkukkan badan ketika melepas atau memakai kaos kaki, dan lain-lain. Keadaan ini hanya berlangsung selama 1 – 2 menit.

Infeksi vestibulum sering terjadi setelah penderita sembuh dari masuk angin. Dalam kasus semacam ini, diperkirakan penyebabnya adalah inveksi yang disebabkan oleh virus. Pada kasus pusing kepala berputar dengan hebat, dapat berlangsung selama beberapa hari.

Ketika fungsi semicircular canal, baik pada telinga kanan atau kiri menurun, pada saat tubuh melakukan gerakan tertentu, akan disampaikan ke otak kecil informasi mengenai adanya gangguan pada salah satu bagian. Selanjutnya, seluruh anggota tubuh akan mengatasi gangguan tersebut dan berusaha untuk menjaga kestabilan tubuh.

Tidak hanya terbatas pada meniere syndrom saja, sebagian besar orang takut bila pusing yang dialaminya akan menjadi buruk sehingga mereka tidak bisa menggerakkan tubuhnya sama sekali. Justru pemikiran inilah yang menyebabkan memburuknya situasi. Selain itu, pusing juga berhubungan dengan saraf otonom sehingga diperlukan gerakan-gerakan untuk melatih saraf otonom tersebut.

Ada berbagai macam cara untuk menghindari pusing, yaitu dengan rajin berolah raga, terutama berenang. Ketika berenang, selain seluruh tubuh bergerak, kulit akan mendapatkan rangsangan yang cukup dari suhu air dan tekanan air. (decashare)

Berdasarkan keterangan diatas, saya berasumsi, pusing yang saya alami ini diakibatkan oleh penyempitan arteri, karena pusing yang saya rasa bukan pusing yang  berasal dari telinga, rasa sakitnya terasa sampai mata, penglihatan saya kurang normal yang sebelah, ada titik hitam di sebelah kanan. Keseimbangan pun tidak terganggu, justru rasa mual yang ada.

Yah, diantara pembaca pasti hampir semua pernah mengalami rasa pusing, semoga info yang saya lampirkan bisa menjadi informasi untuk bersama.

Rabu, 04 April 2012

Artikel Ini Sudah Di Hapus

Dengan mempertimbangkan kerukunan antar agama, maka postingan ini saya hapus. Selain itu, gambar yang tertera juga sudah dihapus dari sumbernya. Mohon maaf.

Selasa, 03 April 2012

Perlu Seminggu

Hello blogger, sori yah kali ini ane curhat dikit ama ente pade. Hehe.

Ane bukan lagi galau, ane cuma lagi kurang semangat, entah apa sebabnya. Padahal kondisi badan nggak lagi sakit, suasana kuliah fine" aja, komunikasi sama temen juga fine" aja. Disuruh bantu-bantu ama tetangga ane mau, dikasih tugas dari kantor, ane laksanakan tanpa ogah-ogahan, tapi entah atmosfir apa yang bikin ane kurang semangat.

Tulisan ini sengaja ane muat di blog, sebagai media untuk berekspresi, daripada dipendem di dalem ati, dongkol sendiri, nggak ada perubahan berarti. Biasanya setelah menulis, ada sedikit semangat muncul dalam diri, terus mulai ketemu apa masalah yang bikin kagak semangat, terus mulai muncul lagi itu motivasi.
Keadaan yang ane alami kemungkinan besar bukan keadaan yang dialami oleh ane sendiri. Pasti banyak orang lain yang pernah ngalamin kondisi kaya gini. Ane harap buat pembaca yang udah terlanjur baca tulisan ini bisa ngasih masukan, ato kalo nggak, minimal jangan komen sama sekali daripada nge-spam.

Cara pandang ane yang selalu menganggap segala masalah pasti ada solusi membuat ane selalu bersikap santai dalam menghadapi masalah. Kagak riweuh, kagak bingung, kagak juga tergesa-gesa ngambil keputusan. Kali ini ada beberapa masalah yang ane hadapi. Ane bahas satu aja, yaitu masalah kuliah yang nggak kelar-kelar. Harapan orang-orang akan kelulusan ane bikin ane bertekad nggak ingin ngecewain mereka. Padahal ane sendiri kagak peduli soal kuliah, malah sempat terfikir untuk berhenti, kemudian mulai bisnis serabutan (?). Selama ini ane kuliah hampir kagak ada materi yang nerap. Ane malu ama adik kelas, pas ditanya materi kuliah mereka pada bisa jawab ane cuma melongo. Yah bisa dibilang ane ini salah jurusan (salju). Tapi ya udahlah, toh udah lewat empat tahun, nggak bisa dimundurin lagi waktu, jadi ane tekadkan demi orang-orang yang berharap, ane pengen lulus.

Kampus ane mau ngadain wisuda bulan Agustus tahun ini, skripsi ane belum digarap sedikitpun. Keterangan dari petugas kampus, kalo mau wisuda Agustus, ane harus beres skripsi di akhir Mei. Alamaaakkk!!!. Sekarang ini ane lagi dalam masa PLA, istilah umumnya magang. Di akhir kegiatan ini ane harus bikin laporan hasil PLA, laporannya sih kalo orang lain, rata-rata tebelnya hampir setebel skripsi. Alamaakkk!!! *lagi.
Selain ada "desakan" dua tugas itu, sekarang ane lagi belajar trading forex juga. Kali ini ane belajar lebih serius, ane juga pernah belajar sebelumnya, tapi karena sistem belajarnya kagak jelas, akhirnya kagak dapet ilmunya. Kali ini sistem belajarnya jelas dan sistematis, di kelas yang sekarang ane dikasih deadline 1 bulan, sementara ane udah 3 minggu ikut nyimak materi, berarti waktu ane tinggal 1 minggu. Alamaakkk!!!. #beuh
Ane sebagai OP warnet, yang tadinya rame dan sekarang tambah sepi, harus nerima kenyataan kalo pendapatan di sini makin sedikit, artinya honor ane juga semakin berkurang, sementara buat skripsi dan magang ane butuh buku sumber dan transport ke kantor. Honor sebagai OP warnet kagak ada apa-apanya buat menuhin semua kebutuhan itu. Ane harus kerja lebih keras. Alamaak!!!...

Udah!!! Kebanyakan "Alamaakk!!!" ane cukupin segitu aja. Setelah semua keluhan dan pesimisme itu ane tulis, akhirnya muncul sedikit ide. Ane pikir-pikir lagi, ane terlalu banyak dosa dan sedikit pahala. Ane terlalu banyak ngeluh dan sedikit kerja. Ada rencana kecil yang ane dapet selama nulis curhatan di atas. Pertama, ane kudu minta maaf dulu sama ortu, dan minta doa dari mereka. Kemudian ane benerin ibadah ane. Tugas kelas forex ane beresin dulu dalam minggu ini, kemudian ane izin cuti ke admin. Tugas PLA dan Skripsi ane usahain beres sesuai target. Setelah semua usaha itu ane laku-in, selebihnya ane berharap kepada Allah SWT, yang berhak menentukan sukses atau tidaknya ane. Planning ane, setelah lulus kuliah, mau jadi apapun nanti, ane bakalan tekun terus belajar trading. Karena ane kagak yakin dengan ilmu dari hasil kuliah, maka ane harus yakin sama ilmu dari luar kuliah. Gagal di kuliah reguler jangan sampe bikin ane gagal di kuliah online.

Bismillah. Laa Hawlaa Quwwata Ilaa Billah.
Hasbunallah wa ni'mal wakiil ni'mal mawlaa wa ni'man nasiir.
Allahu Akbar!!!

Berjuang terus pantang menyerah. Demi ortu, diri sendiri, orang yang berharap sama ane, dan orang-orang yang butuh pertolongan lewat ane.
Alhamdulillah setelah ditulis, akhirnya muncul lagi semangat yang sempat hilang, yang tadinya down sekarang mulai up.

Senin, 02 April 2012

April Move

get a move on

April!!! 

Mumpung masih awal bulan, kayaknya masih pas waktunya. Jadi belum kadaluarsa gitu. Hehe...

Bulan April biasanya disambut dengan suatu budaya barat, yaitu April Mop atau April Fools Day. Dimana setiap orang yang turut merayakan tradisi ini melakukan sesuatu untuk menjahilli atau mengisengi temannya. Kalau dipikir-pikir, apa ya gunanya? Rasanya nggak ada gunanya ya? Karena itulah, saya beranggapan bahwa yang merayakan April Fools Day adalah orang-orang Fools (bodoh).

Mau nggak disebut orang bodoh? Nggak kan? Kalo gitu jangan ikut ngerayain. Ada alternatif lain, saya sebut April Move! Gerakan bulan April. Gerakan untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Sebenarnya untuk menjadi pribadi yang lebih baik tidak harus di bulan April. Di setiap bulan, setiap hari, setiap saat pun harus menjadi moment untuk berubah. Hanya saja, di bulan April ini banyak orang yang merayakan aktivitas tak berguna, jadi saya menyarankan untuk mengganti kebiasaan itu dengan aktivitas yang lebih berguna. Hehe..

Gerakan perubahan ini tergantung masing-masing orang, orang itu sendiri yang tahu keadaannya, apa yang harus diubah, apa yang cukup, apa yang harus dipertahankan. Berikut ini tips untuk menjadi pribadi yang lebih baik. :)

1. Anda pikirin dulu apa sih yang mau dirubah.
contoh: anda ini seorang yang pemalu, penakut, anda ingin pandai berjualan, anda ini seorang yang bodoh dan anda ingin merubahnya menjadi seorang yang pintar, anda ingin menjadi orang yang terkenal.dan lain2

2. Ambil keputusan untuk berubah
mengambil sebuah keputusan untuk berubah inilah yang kebanyakan orang susah untuk melakukannya. mengambil keputusan ini bergantung kepada diri anda sendiri, sekarang apakah anda mau berubah???? anda sendiri yang tahu jawabannya,…

3. Belajar (Apa yang mau anda rubah)
setelah anda tau apa yang mau dirubah, kemudian anda telah mengambil keputusan untuk berubah. selanjutnya belajarlah semua hal yang bisa membuat anda berubah. misalkan anda ingin menjadi terkenal seperti tukul, sule atau yang lain. anda belajarlah dari mereka, kenapa mereka bisa terkenal??
perbanyaklah pertanyaan2 dalam diri anda, kemudian jawablah pertanyaan itu…

4. Berubahlah perlahan-lahan
dalam melakukan perubahan sebaiknya perlahan-lahan, karena bisa membuat anda cepat bosan atau jenuh. selain itu agar orang2 di sekitar anda tidak berfikir aneh tentang anda.

5. Konsistensi
dalam melakukan suatu perubahan kita harus tetap konsistensi pada apa yang mau kita rubah. Konsistensi, keteguhan terhadap tujuan, dan usaha/pengembangan yang tak kerkesudahan, tetaplah diperlukan walau seseorang telah mulai berhasil mencapai target-target dalam hidupnya. keteguhan pada prinsip, atau pun untuk hal-hal sepele, adalah garansi kesuksesan. Konsisten, konsistensi adalah kata lain untuk tidak mencla-mencle. (andika)

Minggu, 01 April 2012

Mac Mountain Lion Skinpack for Windows 7

windows 7 mountain lion 

Indonesia :
Mountain Lion Skin Pack dirancang untuk mengubah tampilan Windows 7 anda. Setelah skin pack ini diinstall, tampilan Windows 7 anda akan berubah seperti tampilan Max OS X Mountain Lion, sebuah system yang banyak digemari, yang dibuat oleh Apple. 
Sang perancang membuat skin pack ini agar anda tidak perlu menginstall berbagai software pengubah tampilan secara satu persatu. Semua komponen yang bisa mengubah tampilan sudah dipaketkan dalam instalan skin pack ini. Dan semuanya akan terinstal secara otomatis bersamaan dengan anda menginstal skin pack ini.
 
Skin pack ini sudah termasuk software-software berikut:
- Resource Hacker 3.6 by angus johnson
- Moveex 1.0 by Alexander Frink
- Universal Theme Patcher 1.5.0.22 by deepxw
- Win7BootUpdater v0 Beta 1 by jeff
- Finderbar 1.5 by Sven Karsten
- RocketDock 1.3.5 by Punk Labs
- Standalonestack 2.0 by christian salmon
- DesktopFast 1.0 by vhanla
- DeskDrive 1.8.2 by blue onion software
- DesktopCoral 1.1 by DonationCoder
- TClock 2010 by Stoic Joker
- Finger by Matias Moreno
- Winroll 2.0 by Wil Palma
- Leftsider 1.3 by hsiw
- Flurry scr.saver 1.3 by julien templier
- Switcher 2.0 by Bao Nguyen
- UberIcon 1.0.4 by Punk Labs
- Y'z Shadow 2.3 beta3 by M.Yamaguchi
- Lion Theme by kiko11 refresh by hameddanger
- Lion Glass Theme by giannisgx89 refresh by hameddanger
- Lion Full Glass Theme by bodik87 refresh by hameddanger
- WinLaunch 0.3.3 beta by mrc0rrupted
- Xwidget 1.3 & XLaunchPad 1.0 by Xwidgetsoft

OS yang bisa dipasang skin pack ini adalah:
- X86 (32Bit) - Windows 7, Windows 7 SP1
-  x64 (64Bit) - Windows 7, Windows 7 SP1
- Support for all system languages
Cara Install:
Uninstall skin pack sebelumnya (jika pernah pakai). Setelah instalasi selesai, komputer harus direstart !

Jika anda suka skin pack ini,
Dan anda mampu,
Belilah skin pack ini.

English :
Mountain Lion Skin Pack is designed to change the look of Windows 7. After his application interface design your "Seven" takes the form latest version of the world-famous, and many beloved system manufactured by Apple - Mac OS X, to be exact - the first version of the new line of Mac OS X Mountain Lion (Puma) 10.8.

The installer made it so that you do not take any part in the process of changing the interface,
except the start of the installer (x86 or x64 - depending on the bit of your system) -
all components of the theme components will be installed in fully automatic mode.
For some programs you want installed in the system. Net FrameWork 4.
Prior to installing themes you want to disable User Account Control, and close all running programs.
Upon completion - reboot the system.
For quick and correct installation of Mountain Lion Skin Pack to be removed (if previously installed),
or other other versions of packages to customize the interface (Skin Packs).

Programs included in this topic:
- Resource Hacker 3.6 by angus johnson
- Moveex 1.0 by Alexander Frink
- Universal Theme Patcher 1.5.0.22 by deepxw
- Win7BootUpdater v0 Beta 1 by jeff
- Finderbar 1.5 by Sven Karsten
- RocketDock 1.3.5 by Punk Labs
- Standalonestack 2.0 by christian salmon
- DesktopFast 1.0 by vhanla
- DeskDrive 1.8.2 by blue onion software
- DesktopCoral 1.1 by DonationCoder
- TClock 2010 by Stoic Joker
- Finger by Matias Moreno
- Winroll 2.0 by Wil Palma
- Leftsider 1.3 by hsiw
- Flurry scr.saver 1.3 by julien templier
- Switcher 2.0 by Bao Nguyen
- UberIcon 1.0.4 by Punk Labs
- Y'z Shadow 2.3 beta3 by M.Yamaguchi
- Lion Theme by kiko11 refresh by hameddanger
- Lion Glass Theme by giannisgx89 refresh by hameddanger
- Lion Full Glass Theme by bodik87 refresh by hameddanger
- WinLaunch 0.3.3 beta by mrc0rrupted
- Xwidget 1.3 & XLaunchPad 1.0 by Xwidgetsoft

Supported operating systems:
- X86 (32Bit) - Windows 7, Windows 7 SP1
- For x64 (64Bit) - Windows 7, Windows 7 SP1
- Support for all system languages

How To Install:
Unistall Old Theme or any theme than unzip file & install Restart System Must !

IF YOU LIKE IT,
AND CAN AFFORD IT,
SUPPORT THE MAKERS AND BUY IT ! 

[Download] Windows 7 Visual Style - Nordstrom

windows 7 nordstorm 


Kembali lagi share visual style, setelah lama nggak ada update, sekarang saya mau share visual style baru untuk windows 7. Namanya Nordstorm. Dengan tampilannya yang bening, membuat desktop lebih terlihat bersih. Selamat mencoba ^___^.
 

Peristiwa Menyedihkan di April Mop

april fools day
Bulan April sudah tiba. Awal bulan yang baru, dengan semangat baru. Ada sebuah tradisi khas bulan April, sebuah tradisi impor yang banyak dilakukan juga oleh orang lokal. Tradisi itu adalah April Mop. Tradisi untuk menjahili / berbuat iseng kepada seseorang, biasanya orang yang sudah dikenal, tapi tak jarang orang yang tidak dikenal pun dijadikan sasaran. Tradisi ini dari sananya memang sudah begitu, dan ketika diimpor ke Indonesia, tidak diseleksi terlebih dahulu, melainkan langsung diterima begitu saja. Ibarat makanan, maka makanan ini ditelan mentah-mentah tanpa dimasak terlebih dahulu untuk mengetahui aman atau tidak untuk dikonsumsi.

Peristiwa Menyedihkan Pada Saat April Mop

Ada sebuah peristiwa menyedihkan yang kejadiannya bertepatan dengan April Mop, yaitu pada tanggal 1 April 1487. Sebuah peristiwa menyedihkan bagi umat islam, sehingga membuat tidak pantas jika umat islam terus melanjutkan tradisi April Mop.

Sebelum sampai pada tragedi tersebut, ada baiknya menengok sejarah Spanyol dahulu ketika masih di bawah kekuasaan Islam. Sejak dibebaskan Islam pada abad kedelapan Masehi oleh panglima Thariq bin Ziyad, Spanyol berangsur-angsur tumbuh menjadi satu negeri yang makmur. Pasukan Islam tidak saja berhenti di Spanyol, namun terus melakukan pembebasan di negeri-negeri sekitar menuju Prancis. Prancis selatan dengan mudah bisa dibebaskan. Kota Carcassone, Nimes, Bordeaux, Lyon, Poitou, Tours, dan sebagainya jatuh. Walau sangat kuat, Pasukan Islam masih memberikan toleransi kepada suku Got dan Navaro di daerah sebelah barat yang berupa pegunungan.

Islam telah menerangi Spanyol. Karena sikap para penguasa Islam begitu baik dan rendah hati, maka banyak orang-orang Spanyol yang kemudian dengan tulus dan ikhlas memeluk Islam. Muslim Spanyol bukan hanya beragama Islam, namun mereka sungguh-sungguh bertingkah laku berdasarkan Al-Qur’an. Mereka selalu berkata tidak untuk musik, bir, pergaulan bebas, dan segala hal yang dilarang Islam. Keadaan tenteram seperti berlangsung hamper enam abad lainnya.

Selama itu pula kaum kafir yang masih ada disekeliling Spanyol tanpa kenal lelah terus berupaya membersihkan Islam dari Spanyol, namun mereka selalu gagal. Telah beberapa kali dicoba tapi selalu tidak berhasil. Dikirimlah sejumlah mata-mata untuk mempelajari kelemahan umat Islam di Spanyol. Akhirnya mata-mata itu menemukan cara untuk menaklukkan Islam di Spanyol, yakni pertama-pertama harus melemahkan iman mereka dulu dengan jalan serangan pemikiran dan budaya.

Maka mulailah secara diam-diam mereka mengirim alkohol dan rokok secara gratis ke wilayah Spanyol. Musik diperdengarkan untuk memebujuk kaum mudanya agar lebih suka bernyanyi dan menari ketimbang membaca Al-Qur'an. Mereka juga mengirim sejumlah ulama palsu yang kerjanya meniup-niupkan perpecahan di dalam tubuh umat Islam Spanyol. Lama-kelamaan upaya ini membuahkan hasil.

Akhirnya Spanyol jatuh dan bisa dikuasai pasukan salib. Penyerangan oleh pasukan salib benar-benar dilakukan dengan kejam tanpa mengenal peri kemanusiaan. Tidak hanya pasukan Islam yang dibantai, juga penduduk sipil, wanita, anak-anak kecil, orang-orang tua, semuanya dihabisi dengan sadis.

Satu persatu daerah di Spanyol jatuh, Granada adalah daerah terakhir yang ditaklukkan. Penduduk-penduduk Islam di Spanyol (juga disebut orang moor) terpaksa berlindung di dalam rumah untuk menyelamatkan diri. Tentara-tentara Kristen terus mengejar mereka.

Ketika jalan-jalan sudah sepi, tinggal menyisakan ribuan mayat yang bergelimpangan bermandikan genangan darah, tentara salib mengetahui bahwa banyak muslim Granada yang masih bersembunyi di rumah-rumah. Dengan lantang tentara salib itu meneriakkan pengumuman, bahwa para muslim Granada bisa keluar dari rumah dengan aman diperbolehkan berlayar keluar dari Spanyol dengan membawa barang-barang keperluan mereka. "Kapal-kapal yang akan membawa kalian keluar dari Spanyol sudah kami persiapkan di pelabuhan. Kami menjamin keselamatan kalian jika ingin keluar dari Spanyol, setelah ini maka kami tidak lagi memberikan jaminan!” demikian bujuk tentara salib.

Orang-orang Islam masih curiga dengan tawaran ini. Beberapa dari orang Islam diperbolehkan melihat sendiri kapal-kapal penumpang yang sudah dipersiapakan di pelabuhan. setelah benar-benar melihat ada kapal yang sudah dipersiapkan. Maka bersiap untuk meninggalkan Granada bersama-sama menuju dengan kapal-kapal tersebut. Mereka bersiap untuk berlayar.

Keesokan harinya, ribuan penduduk muslim Granada yang keluar dari rumah-rumahnya dengan membawa seluruh barang-barang keperluan beriringan jalan menuju pelabuhan. Beberapa orang Islam yang tidak mempercayai tentara salib bertahan dan terus bersembunyi di rumah-rumahnya. Setelah ribuan umat Islam Spanyol berkumpul di pelabuhan, dengan cepat tentara salib menggeledah rumah yang telah ditinggalkan penghuninya. Lidah api terlihat menjilat-jilat angkasa ketika para tentara salib membakari rumah tersebut bersama orang-orang Islam yang masih bertahan di dalamnya.

Sedang ribuan umat Islam yang tertahan di pelabuhan hanya bisa terpana ketika tentara salib juga membakari yang dikatakan akan mengangkut mereka dari Spanyol. Kapal-kapal itu dengan tenggelam. Ribuan umat Islam tidak bisa berbuat apa-apa karena sama sekali tidak bersenjata. Mereka juga kebanyakan terdiri dari perempuan dan anak-anaknya yang masih kecil-kecil. Sedang tentara salib itu telah mengepung mereka dengan pedang terhunus.

Dengan satu teriakan dari pemimpinnya, ribuan tentara salib itu segera membantai dan menghabisi umat Islam Spanyol tanpa perasaan belas kasihan. Jerit tangis dan takbir membahana dengan harus tentara salib terus membunuhi warga sipil yang sama sekali tidak berdaya.

Seluruh Muslim Spanyol di pelabuhan itu habis di bunuh dengan kejam. darah menggenang di mana-mana. Laut yang biru telah berubah menjadi merah kehitam-hitaman. Tragedi ini bertepatan dengan tanggal 1 April. Inilah yang kemudian di peringati oleh dunia Kristen setiap tanggal 1 April sebagai April Mop (The Aprils Fool Day). (alislamu)

Peristiwa dibantainya ribuan orang islam di Spanyol mungkin bukan sejarah asli munculnya tradisi April Mop. Namun kejadian itu bertepatan dengan perayaan April Mop di bagian dunia yang lainnya. Satu pesan yang ingin saya sampaikan. Orang-orang yang turut merayakan April Fools Day, adalah orang-orang yang Fools (orang-orang bodoh). Jadi janganlah kalian terlalu lama menjadi orang bodoh yang bisa dibodohi.

About Me

Andre Tauladan adalah blog untuk berbagi informasi umum. Terkadang di sini membahas topik agama, politik, sosial, pendidikan, atau teknologi. Selain Andre Tauladan, ada juga blog khusus untuk berbagi seputar kehidupan saya di Jurnalnya Andre, dan blog khusus untuk copas yaitu di Kumpulan Tulisan.

Streaming Radio Ahlussunnah

Today's Story

Dari setiap kejadian di akhir zaman, akan semakin nampak mana orang-orang yang lurus dan mana yang menyimpang. Akan terlihat pula mana orang mu'min dan mana yang munafiq. Mana yang memiliki permusuhan dengan orang kafir dan mana yang berkasihsayang dengan mereka.
© Andre Tauladan All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates