Minggu, 01 Januari 2012

Tahun Baru

"Nggak kerasa ya udah 2012?" ada nggak yang bikin status kaya gitu di facebook? kalo ada berarti kasihan banget, satu tahun, waktu yang lama, tapi nggak kerasa, berarti dia nggak dapat manfaat, nggak ngambil hikmah, nggak mendapatkan kesan dari tahun sebelumnya. Kasihan....

Hehe.. maaf nih, sekedar unek-unek seputar tahun baru. Banyak ya yang ngerayain tahun baru, tapi kebanyakan dari mereka adalah yang ikut-ikutan, nggak punya alasan sendiri. Sedangkan yang nggak ngerayain, pasti ada alasan. Buat orang islam khususnya, yang nggak ngerayain tahun baru masehi itu karena nggak ada syariatnya, dan mereka menjauhi perbuatan mubadzir. Buat kalian yang nggak tahu apa mubadzirnya perayaan tahun baru, berikut saya copas sedikit dari salah berbagai sumber. 
Metrotvnews.com, Toraja: Untuk memeriahkan perayaan malam tahun baru 2012, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengeluarkan dana hingga Rp2 miliar. Perayaan dipusatkan di kawasan wisata Tana Toraja. 
Jakarta, detiknews - Perayaan malam tahun baru di Ancol, Jakarta Utara, selalu meriah. Tidak hanya hiburan yang disuguhkan, tapi juga pesta kembang api yang menarik perhatian. Berapa dana untuk menyiapkan itu semua?

"Pesta kembang api kali ini menghabiskan biaya Rp 400 Juta," kata Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Budi Karya Sumadi di Segarra, Jaya Ancol, Sabtu (31/12/2011) malam. Budi ditemui sebelum acara hitung mundur pergantian tahun.
 MAKALE– Puncak Lovely December 2011 di Toraja bakal disemarakkan dengan pesta kembang api. Biaya untuk menggelar pesta kembang api tersebut diprediksi menghabiskan anggaran sekitar Rp1,2 miliar. 
Baca aja sumber lengkapnya. Nah, jadi tahu kan apa mubadzirnya perayaan tahun baru? Uang segitu bisa dipake apa coba? Ya apa aja, banyak kok orang membutuhkan, banyak kok orang miskin yang perlu bantuan, yang lagi nahan lapar di malam itu. Uang kok dibakar.

Oh ya, ada berita lain dalam rangka menyambut tahun baru nih. Berita apa? Something yang nggak aneh lho, udah bisa ditebak sama banyak orang, dengan perilaku anak muda yang seperti sekarang, hal ini bukan hal baru, tapi tetep aja, bikin merinding. Apa beritanya? Nih saya kasih kutipannya.

Kondom Laris Manis Sambut Malam Tahun Baru
PONTIANAK--Menjelang pergantian tahun baru nanti malam, beberapa apotek di Kota Pontianak mengalami peningkatan omzet. Terutama terhadap penjualan alat kontrasepsi jenis kondom. Dari pantauan Pontianak Post (Group JPNN) di beberapa titik wilayah setempat, kondisi ini terjadi seiring dengan malam pergantian tahun baru. Entah ada hubungannya atau tidak, tapi peningkatan penjualan itu diakui beberapa apotek di kota Pontianak, semakin meningkat di akhir tahun.

Seperti dituturkan Dedi, menjadi rutin tiap tahun kondom dilirik banyak kalangan pada malam pergantian tahun. Mulai anak muda hingga orang tua. Mereka membeli alat kontrsepsi tersebut. "Semua tergantung selera  pembeli," kata penjaga apotek di Jalan Sungai Raya Dalam, Kabupaten Kubu Raya ini, Jumat (30/12). 


Hiii... ngeri ya? Malam pergantian tahun lho itu. Artinya di awal tahun, banyak orang yang berlaku buruk, yah,, kalo diawali dengan sesuatu yang buruk, gimana selanjutnya? You know lah...

Di sisi lain, mereka ini nggak tahu asal muasal alias sejarah alias asal mula atau sebab musabab perayaan tahun baru ini. Saya sendiri baru tahu lho, baca deh wikipedia. Ternyata perayaan tahun baru ini sejarahnya dari Romawi, untuk mengenang Julius Caesar yang dibunuh pada waktu itu, sebagai penghormatan atas dibentuknya sistem kalender baru, yang diawali dengan bulan Januari. Kata Januari sendiri diambil dari nama dewa Janus, Dewa gerbang. Dewa dengan dua wajah yang satu menghadap depan, dan yang satunya menghadap belakang. Jadi perayaan tahun baru ini adalah tradisi kaum pagan. (wikipedia)

Jadi kalian itu yang merayakan tahun baru masehi, sebenernya kalian itu lagi ngikutin tradisi kaum pagan penyembah dewa Janus. Hoho.. saya di sini nggak lagi ngebahas halal haram perayaan itu, saya orang awam dalam hal agama, nggak punya wewenang untuk ngeluarin fatwa. Tapi udah banyak orang yang faham, udah ngeluarin fatwa. Akhir kata, kalian udah pada gede, ngerti mana yang baik mana yang buruk, ngerti mana yang bagus untuk dilakukan, mana yang nggak. Jadi keputusan ya tetep di tangan kalian. Apakah kalian akan terus ngikutin tradisi pagan ini, atau nggak.

Saya kasih gambar dikit ya seputar tahun baru.
http://media.brainz.org/uploads/2010/12/new-years-bucks-county.jpg  http://www.soundoflife.net/wp-content/uploads/2008/01/happy-new-year.jpg
detik-detik pergantian tahun
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgL96rZoJZzAKOdO0eAHv60KYCKWlqdLERMBWvDlfdxag4ddZuK853c0ZWiUTHm-FdcP9EKLdbS6IKKTkUSUq-vY2vzjsAUQjop5rgGxnVmGGdZPi65OreNp7fnCBrzmgLna5O7ZzGBUQw/s1600/Resiko%252BAborsi.jpg http://onclinic.files.wordpress.com/2010/06/aborsi.jpg
Kondom habis, sepertinya yang ginian bakal banyak
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiovGR0sTpO1Nis1sDg09HAxp67Boq_-4EzU1siEnSpHNs_YRa97qM7uTQJduIix1qFNAd2HQmP9rxL-fo0MyMv1eSMTfdlwut6J5yAXfKwrZbsFpwwR0NH-L-Cor8jLkglqGIadui-xqo/s1600/1.JPG https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSkdAlAn28cTO2PEBYHSN9Emo1gH0TbdvDSGSE5GfIsHIyV8goUUxNTAN5ZFDI3FCoMrntAA5V9nMJtlkLOaYY7s7UpL5tjgSANEOio454Slbb6Sihlvv94Q6Yce8IwPRQ7bIWcG0NOt4/s400/BurningMoney.jpg
Bakar petasan = bakar uang

http://images.detik.com/content/2011/12/30/10/macet.jpg  http://images.solopos.com/2011/12/macet-4-339x320.jpg
jalanan rame = macet
   

Tahun Baru

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

About Me

Andre Tauladan adalah blog untuk berbagi informasi umum. Terkadang di sini membahas topik agama, politik, sosial, pendidikan, atau teknologi. Selain Andre Tauladan, ada juga blog khusus untuk berbagi seputar kehidupan saya di Jurnalnya Andre, dan blog khusus untuk copas yaitu di Kumpulan Tulisan.

Streaming Radio Ahlussunnah

Today's Story

Dari setiap kejadian di akhir zaman, akan semakin nampak mana orang-orang yang lurus dan mana yang menyimpang. Akan terlihat pula mana orang mu'min dan mana yang munafiq. Mana yang memiliki permusuhan dengan orang kafir dan mana yang berkasihsayang dengan mereka.
© Andre Tauladan All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates