Minggu, 08 Januari 2012

Jangan Memberi Makan Ikan Paus

  Monterey orcas
Nancy Black, seorang ahli biologi kelautan yang sedang melakukan wisata untuk penelitian ikan paus di Monterey Bay, California, telah dituduh melanggar undang-undang federal yang melindungi mamalia laut. Dia didakwa pada hari Rabu yang lalu dengan tuduhan pelanggaran Undang-Undang Perlindungan Mamalia Laut.

Los Angeles Times melaporkan Nancy dikenakan empat pasal sekaligus, karena telah dua kali memberi makan ikan paus pembunuh (killer whale) di cagar laut Monterey Bay, pada tahun 2004 dan 2005. Dia dituduh telah memberi makan killer whale pada penelitiannya di tahun 2005, tetapi ia berusaha menyulitkan penyelidik dengan mengedit rekaman video pada kejadian tersebut dan mencoba berbohong. Para penyelidik yakin bahwa selama penelitiannya, Nancy telah melanggar peraturan yang mengharuskan kapal peneliti berada pada jarak minimal 100 meter dari ikan paus yang ada. Ketika ia diminta oleh penyelidik untuk menunjukkan video ketika ia sedang bersama seekor ikan paus humpback, ia malah memberikan video yang telah diedit, dan momen saat dia sedang bersama paus humpback telah dihapus.

Tuduhan terhadap Nancy diajukan setelah dilakukan sebuah investigasi oleh Departemen Kehakiman dan Badan Administrasi Udara dan Kelautan Amerika Serikat. (digitaljournal)

Perjalanan dan penelitian Nancy yang menggunakan kapal milik perusahaannya itu telah tersiar secara luas ke media lokal di Amerika dan telah disiarkan di "Today" dan "CBS Evening News".

Pengacara Nancy, Lawrence Biegel, mengatakan bahwa Nancy sedang mengumpulkan data ilmiah saja ketika mencoba memberi makan seekor killer whale saat itu, dan ia tidak melanggar peraturan apapun.

Lawrence mengatakan, Nancy dan beberapa asistennya, memotong sebuah daging untuk makanan paus, kemudian mengikatnya sehingga ia bisa menarik daging itu mendekati kapalnya dan bisa merekam  bagaimana perilaku ikan paus itu dengan menggunakan underwater camera.

Menjawab dakwaan "yang tidak sepenuhnya benar" dan berdasar pada kesalahpahaman metode penelitian, Biegel mengatakan bahwa tindakan Nancy masih berada dalam batasan peraturan penelitian ikan paus yang dikeluarkan oleh pemerintah federal dan ia juga telah memperlihatkan rekaman videonya ke peneliti lain di sebuah konferensi di Norwegia. (Los Angeles Times)

Photo: Killer whales in Monterey Bay. Credit: Nancy Black
Terjemah bebas oleh Andreansyah Dwi Wibowo (Andre Tauladan).
===================================================================================
Kesimpulan : Segala sesuatu ada aturannya. Bertindaklah sesuai aturan. Karena setiap aturan ada konsekuensinya. Walaupun niatnya bagus, tapi jika melanggar, tetap saja salah. Ada yang mendapatkan manfaat lain dari berita ini? Tulis di komentar! ^_^ senyum untuk semua.

Jangan Memberi Makan Ikan Paus

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

About Me

Andre Tauladan adalah blog untuk berbagi informasi umum. Terkadang di sini membahas topik agama, politik, sosial, pendidikan, atau teknologi. Selain Andre Tauladan, ada juga blog khusus untuk berbagi seputar kehidupan saya di Jurnalnya Andre, dan blog khusus untuk copas yaitu di Kumpulan Tulisan.

Streaming Radio Ahlussunnah

Today's Story

Dari setiap kejadian di akhir zaman, akan semakin nampak mana orang-orang yang lurus dan mana yang menyimpang. Akan terlihat pula mana orang mu'min dan mana yang munafiq. Mana yang memiliki permusuhan dengan orang kafir dan mana yang berkasihsayang dengan mereka.
© Andre Tauladan All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates