Kamis, 12 Januari 2012

Download Video Youtube Tanpa IDM

Artikel ini saya tulis karena banyaknya orang yang masih bingung bagaimana cara mendownload video atau mp3 dari Youtube. Ada banyak cara untuk mendownload video atau mengekstrak musiknya saja dari Youtube. Bagi pengguna IDM, mungkin tidak akan mengalami kesulitan, karena tombol download dari IDM akan otomatis muncul di setiap video Youtube.

IDM Download youtube videos

Nah, untuk yang bukan pengguna IDM, biasanya mereka menggunakan website www.keepvid.com, tapi sayangnya website ini perlu java runtime agar bisa memproses downloadnya, selain itu, proses juga lebih lama, karena terjadi dua proses, pertama, keepvid memproses video agar jadi direct link download, kedua, proses download video. Berikut ini saya berikan beberapa cara untuk mendownload video dari Youtube tanpa IDM.

Easy Youtube Downloader
Sebuah add-ons untuk browser Mozilla Firefox. Easy Youtube Downloader diklaim sebagai downloader tercepat dibandingkan add-ons lainnya. Selain bisa untuk mendownload video, add-ons ini juga disertai pilihan untuk mengekstrak audio dari video itu, jadi kita bisa mendownload musik dari Youtube dalam format mp3 dengan bitrate 128kbps. Pilihan format download dari Easy Youtube Downloader adalah MP4, AAC, FLV, MP3, M4A dan MPEG. Setelah add-ons ini terinstall, maka, akan ada tombol download di bawah video Youtube. Sayangnya, sesuai namanya, add-ons ini hanya berlaku untuk video dari Youtube.
https://static-ssl-cdn.addons.mozilla.net/img/uploads/previews/full/65/65741.png?modified=1323975548

Fast Video Downloader (FVD)
Add-ons khusus Mozilla Firefox juga. Kekurangan dari add-ons ini adalah, hanya tersedia beberapa pilihan format saja dari video yang akan di download. Tapi kelebihannya, add-ons ini bisa dipakai untuk mendownload video dari Dailymotion, Break.com, Google Video, Metacafe, dan halaman lain yang ada videonya. Setelah add ons ini di install, untuk mendownload video, tombolnya ada di sudut bawah kanan, atau sejajar dengan navbar.
https://static-ssl-cdn.addons.mozilla.net/img/uploads/previews/full/9/9758.png?modified=1255392085https://static-ssl-cdn.addons.mozilla.net/img/uploads/previews/full/38/38083.png?modified=1256083293 

Add-ons ini memiliki fitur yang sedikit lebih lengkat dari Fast Video Downloader. Tetapi ada kelebihan yang dimiliki NetVideoHunter, yaitu pilihan kualitas video (360p, 480p, 720p, 1080p) jika video yang dimaksud memang memiliki pilihan itu. Salah satu kelebihan lainnya dari NetVideoHunter adalah fitur preview video dalam sebuah player bawaan add-ons.

Bagi pengguna Google Chrome, extensions ini akan sangat membantu anda untuk mendownload video dari Youtube. Seperti Easy Youtube Downloader untuk Mozilla Firefox, extension ini akan menampilkan tombol "Download" di bawah video Youtube.
http://www.chromeextensions.org/wp-content/themes/chrome-extensions/thumb.php?src=http://www.chromeextensions.org/wp-content/uploads/2011/09/newshot1.png&w=800&h=600&zc=1&q=100

Untuk mengekstrak audio dari Youtube, ada dua website yang sering saya gunakan. Yaitu www.listentoyoutube.com dan www.youtube-mp3.org. Tidak sulit menggunakannya kita cukup memasukkan url youtube yang akan diekstrak, dan klik convert. Setelah itu video akan diproses, dan anda akan mendapatkan link mp3 dari video yang bersangkutan. Berdasarkan pengalaman saya, www.youtube-mp3.org memproses lebih cepat daripada www.listentoyoutube.com, tetapi durasinya dibatasi, sedangkan pada www.listentoyoutbe.com saya tidak tahu pasti, dibatasi atau tidak.

Saya sangat tidak menyarankan software sejenis Youtube Video Downloader, karena selain keterbatasannya yang tidak bisa mendownload beberapa video sekaligus, prosesnya pun relatif lama. Dulu, memang saya pun menggunakan software ini, tapi itu sebelum saya mengenal add-ons browser. 

http://i.imm.io/etou.jpeg

Sekian tutorial mendownload video dari Youtube dan mengekstrak musik dari Youtube. Apabila ada kritik saran, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar. Jangan lupa like fans pagenya.

Download Video Youtube Tanpa IDM

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Saran dan kritiknya sangat diharapkan

Follow Us

About Me

Andre Tauladan adalah blog untuk berbagi informasi umum. Terkadang di sini membahas topik agama, politik, sosial, pendidikan, atau teknologi. Selain Andre Tauladan, ada juga blog khusus untuk berbagi seputar kehidupan saya di Jurnalnya Andre, dan blog khusus untuk copas yaitu di Kumpulan Tulisan.

Cuit-cuit

Today's Story

Nggak ada cerita apa-apa
© Andre Tauladan All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates