Selasa, 15 November 2011

Sebagian Ciri Keagungan Islam | Part III

Assalaamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Melanjutkan pembahasan seputar "Sebagian Ciri Keagungan Islam" dari Part I dan Part II, kita akan membahas apakah ciri keagungan Islam yang ke III.

http://javalaser.files.wordpress.com/2010/08/islam-lovely-comments3.jpgTanda / ciri keagungan Islam yang ketiga yaitu, Islam mempunyai bahasa agama, bahasa Al Quran, bahasa Arab. Kita tidak akan menemukan agama lain yang mempunyai bahasa agama, silakan dicari. Kristen misalnya, dengan kitabnya yang lazim disebut Bible atau Alkitab, menggunakan bahasa lokal, sesuai daerah dimana kitab itu diproduksi. Mungkin sebagian orang tidak paham apa pentingnya bahasa. Padahal bahasa adalah alat yang akan dijadikan gudang ilmu, tidak bisa kita menyampaikan ilmu tanpa bahasa. Ilmu yang mulia harus disampaikan dengan bahasa, tentunya bahasa yang kuat dan baik. Agama Islam dengan adanya bahasa agama, akan menjadi lebih mudah diterima oleh orang pandai dan orang awam.

Maha suci Allah, yang telah memilih bahasa Arab sebagai bahasa Al Quran. Hingga sekarang belum ada bahasa yang lebih istimewa daripada bahasa Al Quran. Di Universitas Madinah saja, ada jurusan khusus uslub Al Qur'an, yang mempelajari gaya bahasa Al Quran. Hingga ada metode membaca Al Quran yang dikenal dengan istilah qiraah sab'ah.

http://tadzimussunnah.files.wordpress.com/2010/06/anti-yahudi.jpg

Nah, justru dengan keistimewaan bahasa agama dalam Islam, Yahudi (lagi-lagi) berusaha untuk mengotori bahasa Islam dengan cara menjelek-jelekkan bahasa Al Quran (B. Arab). Dalam hal ini mereka berhasil membuat sebagian kaum muslim untuk tidak tertarik mempelajari bahasa Arab. Kita ketahui bersama di masa sekarang ini, bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya lebih banyak diminati. Orang tua bisa marah atau malu ketika anaknya mendapat nilai jelek dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, tetapi tidak peduli jika anaknya tidak bisa doa sebelum belajar. Biasanya orang tua mengarahkan anaknya untuk ikut les Bahasa Inggris, tetapi tidak peduli apakah bacaan shalat anaknya sudah benar atau belum. Sedikit sekali orang yang tertarik mempelajari bahasa Arab, karena sudah terpengaruh bahwa Bahasa Arab adalah "bahasa sekarat", atau "bahasa tukang obat pinggir jalan", "bahasa onta", dan sebagainya.

Saya tidak bermaksud menyampaikan bahwa belajar bahasa Inggris dan bahasa lainnya itu tidak penting. Bahasa Inggris, Jerman, Korea, dan sebagainya sangat berguna di zaman globalisasi seperti sekarang ini. Tapi alangkah  ruginya diri kita jika untuk kepentingan umum kita rela berjuang mati-matian, sedangkan untuk kepentingan agama kita tidak peduli sama sekali. Hingga banyak orang yang tidak tertarik untuk mempelajari, yang akhirnya tidak tahu sama sekali bahasa agama. Usia semakin tua, tapi masih tidak paham isi Al Quran, hingga menafsirkan Al Quran seenaknya yang menjadikan dia sebagai orang yang sesat dan menyesatkan.

Oleh karena itu, mari kita tingkatkan kesadaran pribadi untuk mau mempelajari bahasa agama kita, karena itu adalah bagian dari keagungan agama kita. Setidaknya kita mengerti setiap kata-kata yang kita ucapkan dalam setiap doa, termasuk dalam bacaan shalat, sehingga kita bisa meresapi setiap gerakan shalat, dan doa kita insya Allah akan dikabulkan. Wallahu'alam.
Artikel ini adalah transkrip dari ceramah K.H. A.F. Gozali yang berjudul "Sabagean Ciri Kaagungan Islam" 

Assalaamu'alaykum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuhu.

Sebagian Ciri Keagungan Islam | Part III

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

About Me

Andre Tauladan adalah blog untuk berbagi informasi umum. Terkadang di sini membahas topik agama, politik, sosial, pendidikan, atau teknologi. Selain Andre Tauladan, ada juga blog khusus untuk berbagi seputar kehidupan saya di Jurnalnya Andre, dan blog khusus untuk copas yaitu di Kumpulan Tulisan.

Streaming Radio Ahlussunnah

Today's Story

Dari setiap kejadian di akhir zaman, akan semakin nampak mana orang-orang yang lurus dan mana yang menyimpang. Akan terlihat pula mana orang mu'min dan mana yang munafiq. Mana yang memiliki permusuhan dengan orang kafir dan mana yang berkasihsayang dengan mereka.
© Andre Tauladan All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates