Minggu, 27 November 2011

Tips Agar Konsumen Menjadi Pelanggan Tetap

http://www.hipmijaya.or.id/wp-content/uploads/2010/12/business.jpg

Di era enterpreneur sekarang ini banyak orang beramai-ramai memberanikan diri untuk berwirausaha. Banyak bermunculan berbagai jenis usaha baru, baik berupa usaha di bidang jasa maupun barang. Dalam usaha selalu ada dua pihak yang terlibat yaitu pembeli (konsumen) dan penyedia layanan / barang (produsen ).  

Ada pepatah mengatakan bahwa konsumen adalah raja. Pepatah itu menurut saya masih relevan dengan kondisi sekarang atau bahkan bersifat universal. Penjual tidak akan bisa menjual kalau tidak ada konsumen, begitupun sebaliknya konsumen tidak akan dapat memenuhi segala keperluannya kalau tidak ada penjual.

Memang dalam kenyataan lebih mudah mendapatkan konsumen daripada mempertahankannya. Kita bisa dengan mudah menarik konsumen untuk membeli produk kita atau menggunakan jasa kita tapi belum tentu mereka akan menggunakan jasa atau produk kita selanjutnya. Sebagai pengusaha, tentu kita ingin agar konsumen menjadi pelanggan tetap, yang secara tidak langsung akan membuat mereka mengajak rekannya untuk menjadi pelanggan kita juga. Lalu bagaimana caranya? Mari kita bahas bersama.

1. Menyapa konsumen. Cara ini kadang terlewatkan dan dianggap sepele oleh sebagian orang. Padahal ini adalah yang menentukan apakah konsumen atau calon konsumen akan tertarik kepada kita atau tidak, yang selanjutnya menentukan apakah ia tertarik dengan produk kita atau tidak. Yang harus diperhatikan saat menyapa konsumen adalah, kita harus menatapnya dan memberikan kesan ramah, sebagian orang ada yang mengucapkan "selamat datang" sambil sibuk dengan pekerjaannya.

2. Tanyakan apa keperluannya. Kita harus pro aktif menanyakan terlebih dahulu apa keperluan konsumen dengan ucapan “ada yang perlu saya bantu?”. Saya sering mengalami juga sebagai konsumen, ketika masuk ke suatu toko saya merasa bingung dimana saya bisa menemukan barang yang saya cari, hingga akhirnya harus saya yang bertanya kepada petugas di toko itu.

3. Berikan kualitas terbaik. Setiap produk yang kita berikan harus yang terbaik. Jangan sekali-kali kita memberikan kepada konsumen asal asalan. Hal ini akan menciptakan kesan buruk bagi pelanggan terhadap produk yang kita jual.

4. Berikan harga yang wajar. Pada tingkat persaingan yang ketat harga suatu produk atau layanan sangat menentukan. Untuk membeli sesuatu konsumen biasanya memilih-milih tempat mana yang lebih murah. Berikan mereka dengan harga yang wajar tapi tetap dibarengi kualitas yang baik, basanya konsumen akan balik lagi ke tempat kita.

5. Tepati Janji. Upayakan setiap janji yang kita berikan kepada konsumen untuk selalu ditepati. Jangan sekali-kali kita memberikan janji kepada konsumen kalau memang kita tidak bisa memenuhinya. Hindari jangan sampai konsumen bolak balik ke tempat kita hanya karena janji yang tidak bisa kita tepati, waktu dan uang sudah mereka buang gara-gara janji kita yang tidak tepat. Konsumen akan kecewa dan pindah ke tempat lain. Ujung- ujungnya yang rugi kita sendiri, kehilangan konsumen.

6. Ciptakan kekeluargaan. Pada saat kita tengah memberikan pelayanan, jangan cenderung terfokus pada hasil penjualan akhir saja. Maksud saya, pada saat proses pemberian pelayanan berlangsung kita jangan bersikap monoton. Libatkan mereka dalam suatu obrolan yang ringan-ringan, misalnya menanyakan tempat tinggal atau bisa juga menanyakan tentang keluarga mereka. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan hubungan.

7. Ciptakan ikatan psikologis. Hal ini dapat dilakukan apabila kita sudah bisa menciptakan ikatan kekeluargaan dengan konsumen. Untuk menciptakan ikatan bathin saya lakukan dengan cara memberikan ucapan pada momen-monen tertentu, misalnya ucapan selamat ulang tahun, selamat hari raya dan sebagainya. Cukup dengan cara kirim sms. Kiat ini cukup ampuh karena konsumen merasa diperhatikan. Nah kalau ikatan bathin sudah terbentuk sulit bagi konsumen untuk pindah ke tempat lain.

Kira-kira itulah yang harus dilakukan oleh seorang pengusaha jika ia ingin konsumennya menjadi pelanggan tetap. Semoga berguna.

Referensi : kaskus

Tips Agar Konsumen Menjadi Pelanggan Tetap

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

About Me

Andre Tauladan adalah blog untuk berbagi informasi umum. Terkadang di sini membahas topik agama, politik, sosial, pendidikan, atau teknologi. Selain Andre Tauladan, ada juga blog khusus untuk berbagi seputar kehidupan saya di Jurnalnya Andre, dan blog khusus untuk copas yaitu di Kumpulan Tulisan.

Streaming Radio Ahlussunnah

Today's Story

Dari setiap kejadian di akhir zaman, akan semakin nampak mana orang-orang yang lurus dan mana yang menyimpang. Akan terlihat pula mana orang mu'min dan mana yang munafiq. Mana yang memiliki permusuhan dengan orang kafir dan mana yang berkasihsayang dengan mereka.
© Andre Tauladan All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates