Tampilkan posting dengan label stress. Tampilkan semua posting
Tampilkan posting dengan label stress. Tampilkan semua posting

Senin, 03 Desember 2012

Keh3b4tan anAk 4LaY

Hehe... sekali-sekali bikin postingan tentang alay nggak apa-apa kan? Ini bukan fenomena baru lho, tapi memang belum berakhir fenomena seperti ini, jadi tidak ada salahnya mengulas topik tentang 4laY-isme. ^__^

Berbicara tentang alay, berikut ini saya kutip beberapa definisi alay menurut para ahli, saya ambil dari kompas ya. :)

Menurut Koentjara Ningrat:

“Alay adalah gejala yang dialami pemuda-pemudi Indonesia, yang ingin diakui statusnya diantara teman-temannya. Gejala ini akan mengubah gaya tulisan, dan gaya berpakain, sekaligus meningkatkan kenarsisan, yang cukup mengganggu masyarakat dunia maya. Diharapkan Sifat ini segera hilang, jika tidak akan mengganggu masyarakat sekitar”

Menurut Selo Soemaridjan:

“Alay adalah perilaku remaja Indonesia, yang membuat dirinya merasa lebih keren, cantik, hebat diantara yang lain. Hal ini bertentangan dengan sifat Rakyat Indonesia yang sopan, santun, dan ramah. Faktor yang menyebabkan bisa melalui media TV (sinetron), dan musisi dengan dandanan seperti itu.”

Menurut pakar psikologi Septiani Sanusi, fenomena alay yang terjadi di kalangan ABG sekarang adalah sesuatu yang normatif dalam sudut pandang psikologi.

“Usia praremaja dan remaja adalah usia di mana mereka sedang senang-senangnya bereksperimen dengan banyak hal baru, terutama yang bisa dianggap lucu, aneh, mengagumkan, membingungkan, serta memiliki rahasia yang hanya dipahami kelompoknya. Mereka (ABG) masih dalam proses pencarian jati diri, dan mereka secara alamiah akan berubah dengan sendirinya ketika mereka telah dewasa,” ujarnya.

Sedangkan menurut Erin Myers (psikolog Universitas Western Carolina University), “Spesies alay adalah kumpulan anak-anak yang memiliki ciri khas di luar kebiasaan orang normal. Gaya busana pun serampangan, sehingga acap kali bertabrakan dari baju dan celana. Tak hanya itu, komunitas alay pun identik dengan foto-foto dari sisi yang tak jelas.”(lham, Kompas)
Sekarang coba periksa diri sendiri, apakah anda termasuk dalam 'spesies' 4LaY atau bukan? Jika iya, sebaiknya segera 'bertobat' atau 'berobat' agar ke-alay-an itu segera lenyap dari diri anda. Mengapa alayisme harus dilenyapkan dari muka bumi? Karena keberadaan sifat alay benar-benar sangat mengganggu kehidupan orang normal. Contoh simplenya adalah dalam penulisan sms, ketika orang alay mengirimkan sms kepada orang normal, maka orang normal itu setidaknya membutuhkan waktu dua kali lebih lama dari pada membaca sms dari orang normal juga. Itu hanya salah satu contoh, banyak kerugian yang disebabkan oleh orang alay, anda bisa baca di Kompasiana.

kondisi alay

Nah sekarang kita masuk topik utama. Keh4b4tan anAk 4LaY. Ada beberapa 'kehebatan' dari mereka yang tidak bisa dipungkiri. Kehebatan mereka adalah :
1. Mereka punya kemampuan otak yang bagus. Iya kan? mereka bisa dengan lancarnya membaca tulisan kombinasi huruf kapital dan huruf kecil, angka, dan simbol. $ep3Rti tuLi$4n iNi. Selain lancar membaca, mereka juga lancar menulisnya. Karena kalo smsan sama anak alay, mereka bisa membalas sms secepat kilat, tentunya dengan ragam tulisan khas mereka. Namun kehebatan ini selalu mereka gunakan hingga bisa membuat guru marah ketika anak-anak alay ini mengisi soal ujian dengan tulisan 4LaY.
2. Mereka punya komunitas yang besar. Jumlah anak alay saat ini bisa dianggap lebih banyak daripada anak normal. Jika dilihat dari profil facebooknya, misalnya di fanspage tertentu, contohnya komunitas jempolers, perbandingan posting anak alay dibanding anak normal bisa dibilang 80 : 20. haha. (perhitungan asal tebak, kalo mau pasti, itung aja sendiri, males gue ngitung ratusan orang). Tentang kehebatan ini, masalahnya adalah kalo ada orang tua punya empat anak, berarti 3 orang anaknya adalah alay, bisa repot nih orang tua. Pas sms anaknya "lagi di mana nak?" anaknya jawab "uggiiee cmma tmmuunddhh".
3. Mereka ini lebih kuat mental daripada motivator. Mario Teguh, motivator nasional yang sangat super, sangat tidak suka sama orang alay, dalam satu kontes, beliau memberikan beberapa syarat, salah satunya adalah dilarang menggunakan nama alay. Orang-orang normal yang berteman dengan orang alay di facebook biasanya nggak akan bertahan lama, kalo ada teman alay di fesbuknya dan membuat status galau khas mereka dengan intensitas tinggi (semenit dua kali misalnya), maka orang itu akan segera menghapus orang alay itu dari daftar teman facebooknya.
4. Orang alay tingkat percaya dirinya tinggi. Kalo orang normal sih biasanya yang wajahnya pas-pasan suka minder, jarang mereka pasang foto asli. Tapi kalo orang alay, walaupun wajah mereka dibawah pas-pasan, mereka biasanya punya ratusan atau ribuan foto di album facebooknya. Hal ini pula yang menjadi alasan bagi orang normal untuk meremove orang alay. xixixi.

Kehebatan-kehebatan orang alay yang saya tuliskan di atas adalah pendapat saya pribadi. Saya telah meremove banyak teman alay dari facebook saya gara-gara saya tak sehebat mereka. wakakaka... udah ah...

eh tambahan nih,, buat yang pengen liat yang alay2.. saya tambahin gambarnya eeeaaa????
$3lenGk4pnya c4Ri d1 go06l3. :p

Andre Tauladan

Selasa, 13 September 2011

Berita Lama | Hindari Stress Dengan Membaca Al-Qur'an



Oleh : Triantoro Safaria, S Psi. MSi. Psi.
Alquran merupakan petunjuk dari Allah SWT yang disampaikan kepada Rasul-Nya Muhammad SAW. Di dalamnya terdapat petunjuk bagi kita untuk menjalani hidup dengan lurus dan bersih.  Di antara bentuk zikir yang utama adalah membaca Alquran.  Terdapat beberapa keutamaan membaca Alquran, antara lain dapat menyembuhkan dan membersihkan hati  serta menenangkan jiwa. Allah SWT berfirman, “Dan Kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman “ (Al Isra : 82). Melalui membaca Alquran,  maka secara fisiologis dapat menurunkan stres di dalam tubuh.

Proses fisiologis di dalam tubuh terjadi ketika reseptor menerima rangsangan dari stressor untuk pertama kalinya. Rangsangan itu kemudian diteruskan menuju hipotalamus. Rangsangan itu menyebabkan hipotalamus mengeluarkan hormon corticotropin-releasing factor (CRF) yang menstimulasi kelenjar anterior pituitary untuk mengeluarkan hormon adrenocorticotrophic hormone (ACTH) yang kemudian  menstimulasi kelenjar adrenal untuk mengeluarkan hormon cortisol (hydrocortosone), adrenalin (epinepdrine), dan noradrenalin (norepinephrine).

Cortisol mempunyai dampak negatif terhadap sistem kekebalan tubuh, karena cortisol akan menekan peredaran T-cell yang diproduksi oleh kelenjar thymus dan B-cell  yang dihasilkan oleh sumsum tulang belakang. Kedua sel ini bertanggung jawab atas kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari bakteri, virus atau infeksi-infeksi yang akan menimbulkan penyakit (Rice, 1992).

Meningkatnnya hormon cortisol ini menyebabkan lebih banyak glukogen dipecah menjadi glukose, sehingga kadar glukose dalam darah bertambah. Hal ini menyebabkan tubuh memiliki energi penuh untuk bertempur.  Peningkatan hormon adrenalin dan noradrenalin  mempengaruhi sistem syaraf simpatis  sehingga menyebabkan peningkatan detak jantung, tekanan darah, dan  percepatan peredaran darah. Adrenalin merupakan hormon stres yang bersifat jangka pendek (a short-term  stress hormone).

Stimulasi dari stressor menyebabkan hipotalamus mengeluarkan thyrotropin-releasing factor  (TRF),   pelepasan hormon ini menstimulasi  kelenjar pituitary untuk  mempengaruhi kelenjar thyroid untuk melepas hormon thyroxin. Thyroxine ini merupakakan hormon stres jangka panjang (long-term stress hormone) yang mengakibatkan  aktivitas mental meningkat, individu merasa lebih cemas dan tidak tenang, selalu merasa lelah, dan efek lainnya adalah meningkatkan sekresi  zat asam lambung (gastric juice) sehingga menyebabkan penyakit diare dan pendarahan maag (Rice, 1992).

Sistem  syaraf  simpatis (sympathetic  nervous system) bekerja melalui rangsangan hipotalamus dan  spinal cord  karena adanya stimulasi tegangan (stressor). Bekerjanya sistem syaraf simpatis ini  menimbulkan dampak antara lain yaitu : meningkatkan tekanan darah, meningkatkan konsumsi energi total, meningkatkan konsentrasi glukose dalam darah, meningkatkan pelepasan energi pada otot,  meningkatkan ketegangan otot-otot, meningkatkan aktivitas mental,  dan meningkatkan tingkat pengentalan darah (Guyton, dalam Rice, 1992). Maka dari itu terapi melalui membaca Alquran, akan menyebabkan ketegangan secara fisiologis akan menurun, sehingga akan tercipta sebuah keadaam relaks dan tenang baik secara fisiologis maupun psikologis.

Membaca Alquran dapat menyembuhkan keresahan jiwa sekaligus menguatkan jiwa itu untuk menghadapi  tekanan masalah yang berat sekalipun. Allah SWT berfirman, “  Hai manusia, telah datang kepadamu  pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman” (Yunus : 57).  Ketika  hati kita sedang resah dan gelisah  bacalah Alquran, karena  melaluinya kita mendapatkan pemahaman yang mendalam  akan masalah yang sedang kita hadapi. Allah SWT berfirman, “ Alquran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang yang beriman “ (Fushshilat : 44).

Banyak sunah Rasul  yang menjelaskan secara tegas keutamaan dari membaca Alquran ini di antaranya : “ Dan tidaklah suatu kaum berkumpul di dalam sebuah rumah dari rumah-rumah Allah sambil membaca Kitabullah dan mempelajarinya kecuali, ketenangan turun terhadap mereka, rahmat menyelimuti mereka, malaikat mengelilingi mereka dan Allah menyebut mereka pada  yang ada  di sisi-Nya” (HR Muslim).

Terapi  membaca Alquran  memiliki  kekuatan untuk  menenangkan jiwa. Ketika  kita tertimpa masalah yang berat, jiwa menjadi galau, resah dan gelisah, saat itulah  nur cahaya Alquran akan  menerangi hati kita hingga menjadi  damai.  Ketika kita membaca firman Allah SWT yang berisi  harapan yang menguatkan jiwa, saat itulah jiwa yang semula gelisah menjadi tenang karenanya.

Membaca Alquran  memiliki banyak manfaat untuk kehidupan kita.  Rahmat Allah SWT akan senantiasa  mengelilingi jiwa kita  dan  pertolongan-Nya akan semakin mudah kita dapatkan. Belum lagi pahala  yang akan kita peroleh, karena  setiap huruf yang kita baca, akan   dihitung sebagai  satu kebaikan yang akan kita peroleh dalam hidup. Sebagai contoh  ketika kita dililit utang, Allah SWT memberikan  jalan bagi kita untuk mampu mencicilnya, melapangkan rezeki kita, dan memudahkan usaha kita untuk  melunasi hutang tersebut. Ini merupakan  banyak kebaikan  yang akan kita peroleh jika kita  mau membaca Alquran.

Sebagaimana Hadist Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi:“Barangsiapa membaca satu huruf  dari Kitabullah, ia mendapat satu kebaikan. Satu kebaikan itu berlipat sepuluh. Aku tidak mengatakan Alif lam mim itu satu huruf, tetapi Alim satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf” (HR Tirmidzi). Selain itu Alquran akan memberikan syafaatnya di alam kubur, dan hari kiamat. Sebagai mana hadist nabi yang diriwaytkan oleh Imam Muslim: Bacalah Alquran karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi pembacanya” (HR Muslim).

Melihat  manfaat dan kebaikan dari membaca Alquran ini, maka sudah seharusnya kita semua sebagai seorang muslim memperbanyak membaca Alquran. Apalagi di sepanjang bulan Ramadhan, dimana pahala dari semua kebaikan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT  dalam jumlah yang tak terhingga.  Tidak saja Alquran akan memberikan ketenangan batin dan jiwa, dengan membaca Alquran nur cahaya dan petunjuk dari Allah SWT akan  dilimpahkan dalam kehidupan kita. Semoga kita menjadi orang-orang yang ahli membaca Alquran di sepanjang hidup kita. (*)
 
*)Penulis adalah dosen Fakultas Psikologi
Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Sumber : Radarjogja

About Me

Andre Tauladan adalah blog untuk berbagi informasi umum. Terkadang di sini membahas topik agama, politik, sosial, pendidikan, atau teknologi. Selain Andre Tauladan, ada juga blog khusus untuk berbagi seputar kehidupan saya di Jurnalnya Andre, dan blog khusus untuk copas yaitu di Kumpulan Tulisan.

Streaming Radio Ahlussunnah

Today's Story

Dari setiap kejadian di akhir zaman, akan semakin nampak mana orang-orang yang lurus dan mana yang menyimpang. Akan terlihat pula mana orang mu'min dan mana yang munafiq. Mana yang memiliki permusuhan dengan orang kafir dan mana yang berkasihsayang dengan mereka.
© Andre Tauladan All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates