Sabtu, 11 Januari 2014

Jatuh cinta? Ah, yang bener...

gambar jatuh cinta

Kalo ada cowok lagi "deket" ama cewek, biasanya hati mereka berbunga-bunga. Perasaan dunia hanya milik berdua itu kadang berlaku buat orang seperti mereka. Yah, itu terjadi karena pikiran mereka lagi nggak sadar alias segala keinadahan itu terjadi di alam bawah sadar mereka. Namanya alam bawah sadar ya berarti saat mengalami itu mereka sedang tidak bisa mengontrol diri mereka sendiri. Dan kondisi seperti itu buat sebagian ABG dianggap perasaan jatuh cinta. Tapi apa bener itu adalah cinta? Hm...

Witing tresno jalaran soko kulino. Datangnya cinta itu karena sering bertemu. Selanjutnya dari yang nggak kenal jadi kenal, mulai tuker-tuker nomor hape, pin bebe, dan terus pedekate. Kamu sms dia, dia sms kamu. Kamu ping dia, dia ping kamu. Lanjut deh ke tahap selanjutnya. Witing tresno jalaran soko kuliner. Dari cuma smsan, mulai ngajak jalan. Dari sekedar jalan jadi makan-makan. Hati pun tak bisa kau kendalikan. Apakah itu cinta? Hm...

Ngabisin waktu di depan laptop atau komputer. Liat dia online senengnya kebelinger. Chating sama dia, kirim-kirim smiley, ketawa-ketawa sendiri persis orang kesambet. Apa itu cinta? Hm...

Lanjut... Beda tempat tapi serasa bersama. Terpisah jauh tapi kerasa deket. Orangnya nggak ada tapi seolah ada. Senyum sendiri, persis seperti orang gila. Itukah yang namanya cinta? Hm....

Persepsi yang salah tentang cinta membuat banyak orang rusak. Banyak cewek yang nggak percaya diri cuma gara-gara persepsi cinta yang salah. Mereka ngerasa wajahnya jelek, mereka nggak punya rasa percaya diri cuma karena nggak pernah punya pacar. Akhirnya pas ada cowok yang bilang "ih kamu cantik deh" dia nggak percaya. Mikir seharian "apa bener aku cantik?". Gara-gara nggak percaya diri dia ngerasa nggak akan ada orang yang suka, nggak akan ada orang yang mau, nggak akan ada orang yang mau nikah sama dia, dan sebagainya dan sebagainya.

Cowok juga gara-gara persepsi cinta yang salah malah bikin hidup orang lain rusak. Di saat cowok nggak punya temen, nggak punya hubungan spesial, nggak punya sahabat, mereka cenderung ingin mencari sesuatu yang beda. Akhirnya dia mulai ngedeketin cewek sampe akhirnya ada yang deket. Terus dia ngelamunin cewek itu, sering kepikiran, mulai ada rasa kangen, yang ginian mereka sebut cinta. Itu bukan cinta, itu cuma hormon yang bergejolak. Percaya deh!

Bayangin! Hey cowok! Bayangin kalo cewek yang sering dilamun-in itu gendut banget, beratnya lebih 50kg dari berat badan dia sekarang. Bayangin cewek itu kena luka bakar di tangannya.  Bayangin kalo cewek itu kupingnya nggak ada sebelah, atau gimana, atau gimana. Apa masih tetep cinta? Atau bakal nyari cewek lain lagi yang nggak punya kekurangan? Jadi, masih tetep nyebut lamunan itu sebagai cinta? Bukan! Itu mah cuma hormon kalian aja yang lagi bergejolak.

Gejolak hormon, itulah yang sering kalian sebut sebagai perasaan cinta. Kisah yang seharusnya bisa menjadi hubungan yang indah, yang seharusnya jadi suatu ikatan yang lama.

Yah, semua itu juga gara-garanya aktor-aktor yang pada tampil di tv. Aktor-aktor yang bertingkah seperti orang bodoh. Mulai dari sinetron hingga lagu-lagu galau melankolis yang seharusnya mereka itu dirawat aja di lembaga pemasayarakatan atau pusat rehabilitasi provinsi. Soalnya perilaku mereka yang merusak itu gampang banget nular ke masyarakat, dan hal ini membahayakan.

Cewek-cewek di tivi ngemurah-murahin diri mereka ke cowok. Cewek sukanya cari perhatian cowok ganteng. Dan yang gitu disebut cinta.

Terus harus gimana? Nggak boleh gitu suka sama orang cantik / ganteng? Siapa bilang? Boleh kok. Tapi kita punya agama. Agama islam punya solusi buat kalian biar kalian bisa bebas dari konsep cinta yang rusak yang dicontohkan oleh orang-orang di tivi itu.

Konsep islam tentang cinta jauh lebih sempurna. Dalam islam, bukan kamu nggak boleh nikah sama orang yang kamu suka. Justru boleh, malah harus. Harus ada rasa suka sama pasangan. Ikatan cinta dalam pernikahan itu adalah ikatan yang harus bertahan lama. Gimana mau lama kalo nggak ada rasa suka?

Tapi dalam islam, ada aturannya, ada tatacaranya yang harus kalian patuhi. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Yah, ibaratnya kamu punya adik perempuan, kalo ada cowok yang ngedeketin kamu juga kan nggak akan asal nerima aja. Setidaknya kamu liat-liat cowok itu bagus atau nggak menurut 'persyaratan' kamu.

Kalo kamu nggak bisa mematuhi aturan Islam, STOP! Udahin hubungan kamu sama si dia. Yah, mungkin aja hubungan kamu itu tersembunyi, nggak ada orang yang tahu. Tapi Allah tahu!

Mungkin setelah baca tulisan ini ada sedikit orang yang sadar lalu berfikir "saya harus menyudahi hubungan saya sama dia". Tapi setelah mikir gitu dia ngirim inbox atau sms ke ceweknya "Say, maaf hubungan kita harus di sudahi. Kita belum memenuhi syarat untuk menjalin hubungan". Lah! Mau nyudahin hubungan kok malah ngirim sms / inbox dulu, pake "say" lagi. #wasem. Jangan ngirim sms! Jangan ngirim pesan via FB! Kalo kamu kaya gitu, sama aja kamu ngarep respon dia, nunggu balesan dia. Lucu!

Setelah kamu ngirim inbox itu terus dia ngebales, akhirnya terjadi percakapan.
+ kita harus sudahi hubungan kita
- iya, sebaiknya memang harus disudahi
+ ya, kalo begitu udahan aja
- iya, udahan aja
Woy! kalo mau udahan, ya udahan aja. Nggak usah ngirim inbox segala macem. Kalo kaya gitu mah akhirnya bakal terus-terusan aja saling sms, inbox, dsb. dsb.

Nggak apa-apa kok kalo suma sama cewek suka sama cowok ganteng. Nggak apa-apa kalo cowok sama suka cewek cantik. Nggak apa-apa kalo akhwat suka sama ikhwan, atau sebaliknya. Justru kalo nggak suka itu harus dipertanyakan. Perasaan suka itu fitrah dari Allah. Itu bukan perbuatan dosa kok. Perasaan suka itu nggak haram, yang penting kita bisa ngontrol, kita mau ngontrol. Agama kita ngajarin kita buat mengendalikan perasaan suka itu. Agama kita mengajarkan kita untuk bisa mengendalikan diri.

Kalo kamu nggak bisa ngendaliin diri di satu aspek, yah di aspek lain juga kamu nggak akan bisa ngendaliin diri. Kalo kamu nggak bisa ngendaliin nafsu kamu biasanya juga kamu nggak bisa ngendaliin amarah kamu. Cowok, gak usah deh tebar pesona. Cewek, gak usah deh senyum-senyum ama kita. Kalo lagi ketemu, ngobrol seperlunya. Janganlah kalian ketawa-ketiwi sampe kedengeran ama cowok yang bisa bikin cowok tertarik. Udah, cowok ama cewek yang bukan mahram itu jangan deket-deketan. Bahaya!

Jangan banyak alesan. Kalo dibilangin terus ngejawab "dia cuma temen kok". Atau ngejawab "Dia itu udah seperti kakak buat saya". Jangan suka ngekhayal, kalo bukan kakak ya berarti bukan!

Jadi, apa bener pas kalian sering kebayang si dia itu berarti kalian lagi jatuh cinta? Pikir lagi deh.
Anda pinter bahasa inggris? Nggak ngerti tulisan saya ini? Nih videonya biar lebih ngerti. hehe.

Andre Tauladan

Jatuh cinta? Ah, yang bener...

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

10 komentar:

  1. Yang jadi pertanyaan saya itu, apakah yang dirasakan para ABG itu beneran jatuh cinta, atau itu yang disebut hawa nafsu? Masalahnya gini. Contohlah, ada orang yang bilang jatuh cinta hanya karena ia sering melihat tulisan kita, jatuh cinta berat katanya padahal belum pernah mendengar suara apalagi melihat wujudnya. Apa yang begitu bisa disebut jatuh cinta. Karena jatuh cinta yang saya mengerti adalah ketika benar-benar mengetahui objek yang kita cintai. Seperti cinta Islam, kita cinta karena tau kebaikan Syariatnya, cinta Rasul karena kebaikan Akhlaqnya dan cinta Allah karena perbuatan-Nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawab deh. Menurut pengalaman saya (gaya abu marlo) yang dialami oleh ABG itu nafsu. Tapi karena tulisan di atas adalah versi teks dari video yang saya cantumkan jadi saya tulis bahwa yang dialami para ABG adalah gejolak hormon. Definisi nafsu sendiri kan luas. Menurut pengalaman saya (abu marlo lagi) 90% orang menganggap nafsu itu terbatas pada ketertarikan terhadap lawan jenis saja. Walaupun sebenarnya gejolak hormon juga panjang kali lebar cakupannya. Tapi dalam tulisan ini saya membatasi pada hormon yang membuat seseorang selalu mabuk kepayang. Maklum orang mabuk ya dia nggak sadar akan perilakunya.

      Hapus
  2. Tulisannya bagus, menyejukkan hati.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, jika berkenan tombol like dan tweet ada di bawah postingan. :)

      Hapus
  3. Kang, ada orang yang merasa jatuh cinta pada seseorang (lawan jenisnya) melalui sebuah foto, berlanjut chat di messenger dan sosmed dan skype... belum pernah bertemu karena masalah jarak... yang diobrolin banyak, dan sama sekali gak menjurus ke arah yang negatif... Si A, benar-benar jadi merasa suka sama Si B, tapi si A gak pernah bilang ke si B kalau dia punya perasaan suka sama si B, Si A lebih suka curhat sama Allah tentang perasaannya kepada si B. Bahkan sering sampai nangis-nangis minta sama Allah, supaya Allah selalu menjaga/melindungi si B, setiap hari selalu mendoakan si B.... dan selalu minta supaya Allah juga menggerakan hati si B supaya jadi merasa suka juga sama si A itu... dalam setiap doanya juga si A selalu minta dijodohkan dgn si B, gak mau kehilangan si B... >_<

    apakah keadaan yang dialami si A seperti itu hanya nafsu/gejolak hormon juga? bukan jatuh cinta...?

    BalasHapus
  4. pake ukuran ini aja de aja de.
    - bayangin kalo dia nggak cantik / tampan
    - bayangin kalo dia gendut / kurus banget
    - bayangin kalo dia itu item
    - bayangin kalo dia punya luka bakar di kulitnya

    apakah tetep masih ada perasaan suka itu?
    gitu aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oK.... tapi gimana kalau tetap suka, kang... ? kalau si A itu tipe orang yg menyukai seseorang bukan krn fisik atau hartanya..... gak apa-apa dia gak tampan (tidak setampan yang pernah diharapkan sebelumnya), gak apa-apa juga kalau dia tiba-tiba jadi gendut dan hitam....

      Hapus
    2. Hm.. itu cinta atau bukan ya? nggak tahu.
      tapi itu sekedar gejolak hormon atau bukan? kemungkinan bukan.

      #mungkin hehe

      Hapus
  5. mantaf kang, baru kepikiran... :-D

    BalasHapus

Saran dan kritiknya sangat diharapkan

About Me

Andre Tauladan adalah blog untuk berbagi informasi umum. Terkadang di sini membahas topik agama, politik, sosial, pendidikan, atau teknologi. Selain Andre Tauladan, ada juga blog khusus untuk berbagi seputar kehidupan saya di Jurnalnya Andre, dan blog khusus untuk copas yaitu di Kumpulan Tulisan.

Streaming Radio Ahlussunnah

Today's Story

Dari setiap kejadian di akhir zaman, akan semakin nampak mana orang-orang yang lurus dan mana yang menyimpang. Akan terlihat pula mana orang mu'min dan mana yang munafiq. Mana yang memiliki permusuhan dengan orang kafir dan mana yang berkasihsayang dengan mereka.
© Andre Tauladan All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates