Selasa, 11 Januari 2011

[Tips n Trik] Buat footer yang berbeda tiap halaman

             Halo sobat bloggers, yang baik dan budiman, yang cantik dan tampan, yang menarik dan menawan. Kali ini saya mau berbagi tips buat anda yang sering kebingungan untuk mencantumkan footer yang berbeda tiap halamannya. Problem ini bisa sangat membantu bagi para mahasiswa. Dalam mencantumkan nomor halaman biasanya mereka membuat banyak dokumen. Misalnya untuk dokumen pertama biasanya berisi cover makalah atau tugas mereka. Dokumen cover ini mereka buat tanpa footer atau nomor halaman. Di dokumen kedua, mereka isi dengan kata pengantar dan daftar isi. Dalam dokumen ini mereka menyisipkan nomor halaman berupa angka romawi kecil (i, ii, iii, dst). Selanjutnya di dokumen ketiga, mereka menyisipkan nomor halaman dengan angka biasa (1, 2, 3, dst).
  
             Untuk mengatasi problem ini, saya punya trik yang bisa membantu sobat-sobat sekalian, sehingga sobat-sobat sekalian tidak perlu membuat banyak dokumen untuk satu tugas atau makalah yang sobat buat. Sobat sekalian hanya perlu satu dokumen saja.

               Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah :
  •  Buka dulu Ms. Word 2007nya... Karena cara ini hanya berlaku untuk Ms. Word 2007. Untuk Ms Word 2007 kebawah, nanti saya carikan triknya.
  • Tiap halaman yang akan dibedakan footernya harus dibuat beda juga sectionnya dengan cara klik Page Layout -> Break -> Next Page.  Dengan begitu akan terdapat section baru. Nah di section baru inilah sobat bloggers sekalian bisa menambahkan footer atau format page number yang berbeda.
  • Eits, nanti dulu, footer yang berbeda memang bisa ditambahkan, tetapi hasilnya akan sama dengan footer yang diatasnya jika sobat sekalian tidak men-disable fungsi link to previous.  Oleh karena itu, sobat sekalian harus men-disable fungsi ini dengan cara mengkliknya.
  • Okey.. sekarang sobat blogger sekalian sudah bisa menyisipkan footer atau format page number yang berbeda untuk tiap section. Dengan begitu tidak perlu membuat dokumen yang berbeda untuk Cover, Kata Pengantar + Daftar Isi, dan Pembahasan dari tugas atau makalah yang kalian buat.
        

Gambarnya : 
Gambar 1. (Klik untuk memperbesar.)
Gambar selanjutnya (klik juga ya untuk memperbesar)
           Wokeh,, semoga membantu,, tolong di-rate jika anda suka, dan jangan lupa, budayakan komentar, demi kejayaan blogger Indonesia. Oh ya, cara ini juga berlaku untuk header.

[Tips n Trik] Buat footer yang berbeda tiap halaman

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran dan kritiknya sangat diharapkan

About Me

Andre Tauladan adalah blog untuk berbagi informasi umum. Terkadang di sini membahas topik agama, politik, sosial, pendidikan, atau teknologi. Selain Andre Tauladan, ada juga blog khusus untuk berbagi seputar kehidupan saya di Jurnalnya Andre, dan blog khusus untuk copas yaitu di Kumpulan Tulisan.

Streaming Radio Ahlussunnah

Today's Story

Dari setiap kejadian di akhir zaman, akan semakin nampak mana orang-orang yang lurus dan mana yang menyimpang. Akan terlihat pula mana orang mu'min dan mana yang munafiq. Mana yang memiliki permusuhan dengan orang kafir dan mana yang berkasihsayang dengan mereka.
© Andre Tauladan All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates