Kamis, 29 Desember 2011

Asy-Syams,surah ke-91 : 15 ayat

 http://a8.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/s720x720/397072_219141001498399_100002075010357_507250_1081122452_n.jpg
Asy-Syams artinya matahari, surah ini terdiri dari 15 ayat. Termasuk golongan surah Makkiyah. Karena diturunkan sebelum Rasulullah SAW hijrah ke Madinah.
Nama asy-syams diambil dari teks ayat pertama surah ini. Inti pesannya bahwa Allah SWT memberikan dua jalan kehidupan pada manusia. Apabila manusia mengambil jalan kebaikan, ia akan mendapatkan imbalannya. Dan jika mengambil jalan keburukan ia akan menerima sanksinya.

AYAT 1

Wasysyamsi wa dhuhaahaa.

Demi Matahari dan cahayanya di pagi hari.

+++ Sungguh Indah cara Allah SWT membuka surah ini, yakni dengan menyebutkan sejumlah ciptaan-Nya yang sangat agung dan sangat bermakna untuk kehidupan manusia. Allah SWT bersumpah dengan matahari yang memancarkan cahayanya, yakni cahaya yang memberikan kehidupan pada seluruh makhluk yang ada di bumi. Andai matahari tak bersinar lagi, bumi akan membeku dan kehidupan pun musnah.

AYAT 2

Wal qamari idzaa talaaha.

Dan bulan apabila mengiringinya.

+++ Allah SWT bersumpah dengan bulan yg mengiringi matahari. Ayat ini mengisyaratkan bahwa bulan akan memancarkan cahayanya selama matahari memancarkan sinarnya. Apabila matahari sudah tidak bersinar lagi, bulan pun tidak akan bercahaya karena cahaya bulan berasal dari pantulan sinar matahari.

AYAT 3

Wannahaari idzaa jallaahaa.

Dan siang apabila menampakkannya.

+++ Pada ayat ini Allah SWT mengulangi lagi pentingnya cahaya matahari bagi kehidupan manusia dengan ungkapan dan siang apabila menampakkannya yakni menampakkan matahari. Semua ini menekankan pentingnya cahaya serta besarnya karunia Allah dengan adanya cahaya.

AYAT 4

Wallaili idzaa yaghssyaahaa.

Dan malam apabila menutupinya.

+++ Subhanallah! Maha Suci Allah, betapa indahnya pengungkapan ayat-ayat ini. Coba cermati, bukankah kalimat dan siang apabila menampakkannya dan malam apabila menutupinya menggambarkan bahwa matahari, bumi, bulan, dan seluruh alam semesta ini terus-menerus bergerak. Siang dan malam silih berganti, mengisyaratkan dinamika yang tiada henti.

makasih mbak gen. :)

Asy-Syams,surah ke-91 : 15 ayat

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

About Me

Andre Tauladan adalah blog untuk berbagi informasi umum. Terkadang di sini membahas topik agama, politik, sosial, pendidikan, atau teknologi. Selain Andre Tauladan, ada juga blog khusus untuk berbagi seputar kehidupan saya di Jurnalnya Andre, dan blog khusus untuk copas yaitu di Kumpulan Tulisan.

Streaming Radio Ahlussunnah

Today's Story

Dari setiap kejadian di akhir zaman, akan semakin nampak mana orang-orang yang lurus dan mana yang menyimpang. Akan terlihat pula mana orang mu'min dan mana yang munafiq. Mana yang memiliki permusuhan dengan orang kafir dan mana yang berkasihsayang dengan mereka.
© Andre Tauladan All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates