Jumat, 22 Maret 2013

Gengsi Bisa Mengotori Iman

gengsi mengotori iman
Gambar : ngawikuramah.blogspot.com
Gengsi istilah keren dari kata "martabat" atau "harga diri" adalah satu kata yang lumayan berpengaruh dalam kehidupan anak muda jaman sekarang. Si Gengsi ini seringkali jadi temen deketnya remaja, anak muda, atau mahasiswa yang idupnya selalu pengen gaul. Bahkan si Gengsi ama si Gaul ini bisa dibilang masih sodara. Banyak anak muda ngerasa gengsi kalo kagak gaul.

Sebenernya (mungkin karena keterbatasan mereka juga) anak muda jaman sekarang udah ngesalah artiin kata gaul. Menurut mereka gaul itu ngikutin gaya idup para artis, mulai dari dandanan, sampe jalan-jalan. Kenapa gengsi bisa ngotorin iman, karena gara-gara gengsi bisa-bisa anak muda pada ngorbanin keimanan. Misalnya ada anak muda masih pelajar atau mahasiswa, dia sekolah atau kuliah di satu tempat yang orang-orangnya itu mayoritas pada kagak bener dan karena dia sendiri yang beda akhirnya dia ikut-ikutan. Misal temen-temennya pemabuk, terus karena gengsi akhirnya dia bisa ikut-ikutan.

Ada lagi gara-gara gengsi orang bisa rela mati-matian buat dapetin sesuatu. Di China, mahasiswa rela kredit buat dapetin iPhone, nggak tanggung-tanggung jumlahnya ada sekitar 20 ribu. WOW BANGET KHAN? Demi gengsi. Padahal buat naikin gengsi atau martabat atau harga diri bukan gitu caranya. Ada cara yang lebih positif misalnya menjadi pengusaha yang sukses. Tapi sekali lagi saya bilangin bahwa anak muda jaman sekarang udah salah paham tentang gengsi sehingga jaman sekarang gengsi itu memiliki konotasi negatif. Sayang banget karena salah paham sebagian besar orang, si gengsi yang disalahin. Haduh.. gengsi..gengsi..

Sebenernya masih banyak banget hal-hal negatif yang dikaitin ama gengsi, tapi kalian pasti ngerti lah. Kan udah pada gede. So, jadiin gengsi itu sesuatu yang bisa ningkatin kualitas diri kalian, bukan nurunin kualitas diri kalian. Deal???
Andre Tauladan

Gengsi Bisa Mengotori Iman

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

6 komentar:

  1. Kalau saya gak pakai lah gengsi-gengsi... gak tau ya nanya, gak punya ya udah :D

    Tapi memang jadi rancu ya sekarang istilah gengsi ini.Btw, asal katanya itu berasal dari mana? Masuk kamus besar Indonesia gak ya? (tuh kan... saya mah gak gengsi... kalau gak tau ya nanya terus) ^^

    BalasHapus
  2. pernah denger juga, di Korea sebagian besar orang rela miskin demi operasi plastik. Penyebabnya juga tidak jauh karena gengsi itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gawat itu, jadi selain bahaya buat iman, bahaya juga buat kehidupan

      Hapus
  3. Iya bener banget nih, gengsi juga bisa membawa kita ke dalam keterurukan.

    BalasHapus

Saran dan kritiknya sangat diharapkan

About Me

Andre Tauladan adalah blog untuk berbagi informasi umum. Terkadang di sini membahas topik agama, politik, sosial, pendidikan, atau teknologi. Selain Andre Tauladan, ada juga blog khusus untuk berbagi seputar kehidupan saya di Jurnalnya Andre, dan blog khusus untuk copas yaitu di Kumpulan Tulisan.

Streaming Radio Ahlussunnah

Today's Story

Dari setiap kejadian di akhir zaman, akan semakin nampak mana orang-orang yang lurus dan mana yang menyimpang. Akan terlihat pula mana orang mu'min dan mana yang munafiq. Mana yang memiliki permusuhan dengan orang kafir dan mana yang berkasihsayang dengan mereka.
© Andre Tauladan All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates