Sabtu, 22 September 2012

Benarkah Bioskop Amerika Terbelah Dua?

Baru-baru ini sebuah postingan beredar di facebook, postingan itu menampilkan gambar sebuah bangunan besar yang terbelah dua. Kemudian di bawah gambar itu diberi keterangan bahwa bangunan itu adalah gedung bioskop yang terbelah dua setelah memutar film kontroversial "Innocence of Muslims". Berikut ini adalah gambar yang dimaksud.

Bioskop Film Innocence of Muslims Terbelah Dua
Di sebuah profil facebook bahkan ada yang menambahkan berita tentang gambar ini, seolah-olah kejadian ini benar. Isi beritanya seperti ini

Bioskop Film Innocence of Muslims Terbelah Dua


SHABESTAN – Sumber-sumber berita yang dipercaya menyatakan: Sebuah bangunan bioskop di Florida Amerika yang rencananya akan menayangkan film penghina Rasulullah Saw, telah terbelah dua karena gempa yang menimpanya.

Kantor Berita Shabestan dengan menukil dari kantor pemberitaan Bratha News, berita-berita yang telah dikonfirmasi dan sumber-sumber informasi menyatakan: sebuah bangunan bioskop di Florida yang rencananya akan menayangkan film penghina Rasulullah Saw, telah terkena gempa, dimana masalah ini telah menyebabkan bangunan ini longsor dan terbelah menjadi dua.

Para warga di kawasan ini heran dengan peristiwa ini, karena gempa ini hanya terjadi di bagian tempat bioskop ini berada, dan seluruh kawasan kota di negara bagian Florida Amerika ini tidak mengalami kerugian apapun.

Para pejabat Amerika segera mengambil tindakan untuk memperketat penjagaan di seputar tempat kejadian dan melarang segala bentuk pengambilan gambar, supaya berita ini tidak tersiar di media-media.

Dikatakan, pembuatan film Amerika Innocence of Muslim yang menghina Rasul Saw telah ditanggapi dengan gelombang demonstrasi masyarakat di dunia Islam dan di kalangan muslim dunia. (ini profilnya)

Saya sendiri begitu melihat gambar ini tanpa pikir panjang langsung saya share ulang, akan tetapi di postingan lain yang sejenis, saya membaca salah satu komentar yang mengatakan bahwa ini foto palsu. Saya pun segera mencari kebenaran tentang info ini dan akhirnya saya mengetahui bahwa foto ini memang palsu. Kejadian yang sebenarnya adalah foto ini tentang sebuah apartemen yang terbelah dua pada kejadian gempa bumi di Chile tahun 2010 (wafflesatnoon.com) . Ini gambar aslinya.

Bioskop Film Innocence of Muslims Terbelah Dua
Gambar asli (www.boston.com)

Gedung yang sama difoto dari sudut yang berbeda. (www.boston.com)
Dari postingan tersebut saya mendapatkan hikmah, bahwa kita harus lebih selektif dalam menyebarkan suatu informasi yang belum jelas kebenarannya. Jangan sampai kita terjebak oleh info palsu kemudian para islamphobia menertawakan kita dan mengejek kita bahwa "umat muslim mengedit foto demi membela nabinya". Kita tidak perlu postingan seperti ini.  Memang segala sesuatu bisa saja terjadi jika Allah mengizinkan, karena Allah subhanahu wa ta'ala maha kuasa atas segala sesuatu. Biarlah keajaiban itu sampai kepada siapa saja yang Allah kehendaki, jangan kita memaksa orang lain untuk mengakui keagungan nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wa sallam dengan foto-foto editan.

Saran saya, bagi orang-orang yang terlanjur menyebarluaskannya, segera menghapus postingan ini. Saya juga sempat terjebak, dan akan saya hapus postingan saya tersebut. Wallahu 'alam bishshawab.


Andre Tauladan Dari berbagai sumber

Benarkah Bioskop Amerika Terbelah Dua?

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

20 komentar:

  1. Betul bgt gan, saya udh sebarin nih blog agan ke tmn2 yg lain, bahwanya info bC bbm tu adlh palsu. Kita muslim g perlu menyebarkan kebohongan demi Nabi, justru itu menjadi kebodohan buat kita.

    BalasHapus
  2. Setuju banget,tdy mw nyebarin juga, makasih gan

    BalasHapus
  3. Setuju bro,, mari kita lebih selektif dalam menyampaikan kepastian..

    BalasHapus
  4. muantaaapppppp postingannya..
    tuuu baru muslim yg berfikir
    ga asal njeplak azaaa. .!!!
    thanks yaa
    biar dibaca lagi ma sdr2 muslim

    BalasHapus
  5. terimakasih kasih gan atas infonya,ini menjadikan pelajaran buat saya agar tidak mudah percaya dengan postingan gambar dan berita yang belum tentu kebenaranya,,,,syukron !!!!!!!

    BalasHapus
  6. betul sekali gan... kita jangan terpancing oleh media yang menggebor-gemborkan berita yang belum jelas asal usulnya,, justru kita harus semakin berhati-hati dan lebih mawas diri, kita harus tetap fokus dalam pembentukan seorang diri yang berjiwa muslim, karena kekuatan islam berawal dari diri muslim itu sendiri, " ku anfusakum wa ahlikum nar.."

    BalasHapus
  7. terimakasih semuanya yang bersedia menyempatkan diri untuk meninggalkan komentar di sini, tanpa maksud menggurui atau mengoreksi siapapun,, tulisan ini saya buat sebagai nasihat untuk saya pribadi khususnya, dan para pembaca pd umumnya, karena saya sendiri sempat terjebak, namun karena ada komentar orang lain yang saya anggap aneh, saya pun penasaran dan akhirnya mendapatkan informasi yang benar... semoga bermanfaat untuk anda semuanya...

    BalasHapus
  8. Bener gan cuma foto editan doank??!!!

    BalasHapus
  9. kemungkinan lainnya mungkin beritanya betul tp fotonya yg tidak ada,. akhirnya main comot dari foto yg ada,.. . tp lepas dari semua itu,... semuanya akan ada balasannya kapan pun dimanapun terserah Allah dan dengan cara bagaimanapun

    BalasHapus
  10. Ya siiiip sip tu gan, biarkan Allah yg memperlihatkan kebesarannya, supaya umat Islam tidak di anggap agama yg senang bebohong, kita jgn ikut2an, karna nabi kita muhammad menganjurkan umatnya untuk senan tiasa berbuat jujur, mga kita bisa menjaga nama baik agama Islam..
    Amieen

    BalasHapus
  11. Mksh infonya, parahh banget orang2 jaman skrng sblm ngecek kebenerannya udh maen brodcase.

    BalasHapus
  12. Nice, saya juga dapat BM dari rekan. Langsung saja browsing n googling, terima kasih ya sudah membahas yang up to date. Good Work Bro

    BalasHapus
  13. terima kasih info nya gan,
    kawan2 Kita ambil hikmah nya saja,dengan adanya pembuatan film itu semoga ketebalan iman serta keta'atan kita kpd allah dan baginda rosul semakin bertambah. Kita tanya kpd diri qt, "sudahkah kita mengikuti sunnah rosul??"

    wallahu a'lam tentang kejadian gedung terbelah, walaupun tdk di dunia tp kelak di akhirat mendapat balasannya.

    BalasHapus
  14. @anonim,,, saya yakin begitu..
    @Studio Siput,,, benar, pasti ada balasannya, karena Allah maha adil.
    @syahri,, sy sependapat dengan anda..
    @wulan, diecast, fahyumi,,, sama-sama, iya setiap peristiwa pasti ada hikmahnya, karena tidak ada yang sia-sia setiap yang diberikan Allah,,,

    wallahu 'alam

    BalasHapus
  15. mungkin beritanya benar, tapi karena dilarang ambil fotonya maka dipasang foto yang lain.

    BalasHapus
  16. Saya juga baru ngeh kalau foto yang disebar itu kaya foto lama ... kurang lebih beberapa tahun lalu... ternyata benar... ini gambar nya diambil di CHile 27 Februari 2010... Dan saya juga merasa janggal mungkinkah ada gedung bioskop sebesar itu penuh dengan balkon dan JEMURAN PAKAIAN ?

    BalasHapus
  17. berita aslinya di sini gan :)

    http://casnocha.com/2011/02/27-de-febrero.html

    BalasHapus

Saran dan kritiknya sangat diharapkan

About Me

Andre Tauladan adalah blog untuk berbagi informasi umum. Terkadang di sini membahas topik agama, politik, sosial, pendidikan, atau teknologi. Selain Andre Tauladan, ada juga blog khusus untuk berbagi seputar kehidupan saya di Jurnalnya Andre, dan blog khusus untuk copas yaitu di Kumpulan Tulisan.

Streaming Radio Ahlussunnah

Today's Story

Dari setiap kejadian di akhir zaman, akan semakin nampak mana orang-orang yang lurus dan mana yang menyimpang. Akan terlihat pula mana orang mu'min dan mana yang munafiq. Mana yang memiliki permusuhan dengan orang kafir dan mana yang berkasihsayang dengan mereka.
© Andre Tauladan All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates