Kamis, 28 Juni 2012

Mendekatkan Diri Kepada Allah


mendekatkan diri kepada Allah

"Ketahuilah bahwa orang-orang yang dekat kepada Allah tidak akan merasa takut dan tidak akan merasa sedih. Mereka itu adlah orang-orang yang beriman dan tetap bertakwa." Q.S. Yunus 62-63

Ayat diatas menjelaskan bahwa orang yang mendekatkan diri kepada Allah tidak akan takut akan segala macam kesulitan di dunia ini dan tidak pula sedih kehilangan kesenangan di dunia. Ia akan beriman sepenuhnya bahwa kelak ia akan mendapat balasan dan ganti lebih baik di akhirat.

Bila kita beriman kepada Allah dan taat kepada-Nya, segala persoalan yang kita hadapi dalam kehidupan ini akan mudah diatasi. Dengan berbekal iman dan ketaatan kepada Allah, segala hal yang kita hadapi, baik berupa kesulitan maupun kenikmatan, dengan cepat kita sadari bahwa semuanya itu datang dari Allah. Dengan pemikiran dan pertimbangan seperti ini, kita tidak akan pernah merasa resah dan susah menghadapi apa saja yang terjadi.

Untuk dapat bertakarrub kepada Allah, kita perlu melakukan usaha dan amal kebajikan yang diridhai Allah. Usaha tersebut antara lain.

1. Kita selalu mengingat Allah atau berdzikir sebagaimana Allah perintahkan dalam QS. Ar-Ra'd ayat 28.
"(yaitu ) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan mengingat Allahlah hati menjadi tenteram."

Mengingat Allah yang dimaksud pada ayat ini yaitu mengingat sifat-sifat Allah, baik dalam hati maupun dengan lisan atau menyebut asmaa'ul husna. Mengingat Allah seperti ini dapat kita lakukan apan saja dan di mana saja.

2. Kita membaca Istighfar, terutama pada 1/3 malam terakhir, seperti yang Allah firmankan dalam QS Ali 'Imran ayat 17.
"(yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yan tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang beristighfar (memohon ampun) pada waktu sahur".

3. Kita membaca dan menkaji Al-Qur'an sebagaimana dijelaskan dalam hadits berikut.
Dari Abu Hurairah ra., sesungguhnya Rasulullah saw bersabda:"Sekelompok orang yang berkumpul di salah satu masjid untuk membaca dan mengkaji Al-Qur'andi kalangan mereka, pasti akan Allah turunkan ketenangan, dipenuhi rahmat, dan malaikat menaungi mereka (dengan sayapnya), serta Allah akan menyebut nama-nama mereka di lingkungan makhluk yang ada di sisi-Nya . H.R. Muslim, Abu Dawud, dll).

4. Kita memelihara shalat-shalat sunnah rawatib.
5. Kita memperbanyak puasa sunnah.

Bila kita dapat melakukan amalan-amalan untuk mendekatkan diri kepada Allah seperti tersebut di atas, kita akan terhindar dari ketegangan dan kecemasan. Insya Allah.

Dari buku : "35 langkah islami mengatasi stress"

Mendekatkan Diri Kepada Allah

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

2 komentar:

  1. Mantap ni artikel gan!

    " Jika engkau mendekati-Nya maka Dia akan lebih mendekat lagi padamu "

    Sebaik-baik yang bisa di 'cari muka' adalah Allah SWT. Soalnya gak bakalan rugi, untung terus *status pedagang :D

    BalasHapus
  2. hahai... mbak her...
    kemana aja atuh mbak??? baru mampir lagi,, ini dibuat udah lumayan lama, baru dikomen sekarang...

    BalasHapus

Saran dan kritiknya sangat diharapkan

About Me

Andre Tauladan adalah blog untuk berbagi informasi umum. Terkadang di sini membahas topik agama, politik, sosial, pendidikan, atau teknologi. Selain Andre Tauladan, ada juga blog khusus untuk berbagi seputar kehidupan saya di Jurnalnya Andre, dan blog khusus untuk copas yaitu di Kumpulan Tulisan.

Streaming Radio Ahlussunnah

Today's Story

Dari setiap kejadian di akhir zaman, akan semakin nampak mana orang-orang yang lurus dan mana yang menyimpang. Akan terlihat pula mana orang mu'min dan mana yang munafiq. Mana yang memiliki permusuhan dengan orang kafir dan mana yang berkasihsayang dengan mereka.
© Andre Tauladan All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates