Senin, 27 Februari 2012

Blog Sebagai Media Melatih Kemampuan Menulis Opini

Bismillah. Halo sahabat Andre Tauladan.

Menulis pada era sekarang ini sudah tidak selalu identik dengan kertas dan pena. Tulisan pada era sekarang lebih luas maknanya, yaitu segala sesuatu yang bisa dibaca oleh publik. Membuat sebuah tulisan di blog, memang bisa dilakukan oleh siapa saja, akan tetapi untuk membuat tulisan yang menarik dan layak dibaca diperlukan latihan, salah satunya dengan blogging.

latihan menulis lewat blogging
Sebagai orang biasa, tentu saja kita akan selalu dihadapkan dengan berbagai isu di masyarakat, dan adanya isu yang sesuai atau tidak dengan pribadi kita akan mengundang pendapat pribadi yang dirasa perlu untuk disampaikan. Menyampaikan pendapat kepada orang lain agar bisa diterima tidaklah mudah. Diperlukan kecakapan dalam menyampaikan pendapat. Media penyampaian pendapat juga sekarang sudah banyak, bisa melalui media cetak, atau media elektronik. Tapi sebagai masyarakat biasa, dan bukan tokoh, tentu kita tidak mudah untuk menyampaikan pendapat kita. Di surat kabar tersedia rubrik "surat pembaca", tetapi kita tidak akan tahu kapan pendapat pribadi kita akan muncul di surat kabar itu. Di televisi, beberapa stasiun televisi menyediakan kesempatan pemirsa untuk menyampaikan pendapat baik melalui facebook atau twitter, dan lagi-lagi pendapat kita belum tentu dipublikasikan. Adapun kesempatan lewat telepon interaktif, itu juga kita harus berebut kesempatan dengan orang lain. Cara lain yang bisa kita lakukan tanpa adanya filterisasi dan saingan untuk menyampaikan pendapat kita adalah melalui blog pribadi.

Menulis lewat blog bisa menjadi batu loncatan agar tulisan kita selanjutnya bisa ditampilkan di media lain tanpa filterisasi. Memang butuh waktu dan latihan, agar tulisan kita menjadi layak baca. Blog sangat bermanfaat karena setidaknya kita akan mendapatkan timbal balik (feedback) dari pembaca apabila tulisan kita dianggap kurang layak baca, dan saran atau kritik dari pembaca bisa kita jadikan panduan untuk artikel kita selanjutnya agar lebih baik. Berbeda dengan surat pembaca di koran, pendapat yang kita sampaikan, setelah difilter, kita tidak akan tahu respon orang lain terhadap pendapat kita, jadi tidak ada acuan untuk bisa menulis lebih baik. Dengan blog, kita bisa menyampaikan dengan bebas, kita bisa menyampaikan kepada orang lain secara khusus, kita juga bisa belajar tata bahasa yang baik.

Melatih kemampuan menulis agar menjadi layak baca, itu juga salah satu tujuan saya nge-blog, makanya segala kritik dan saran sangat diterima. :)

Blog Sebagai Media Melatih Kemampuan Menulis Opini

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

2 komentar:

  1. yap betul sekali sob,

    happy blogging ya^^

    BalasHapus
  2. @damas, makasih supportnya, semoga kemampuan menulis dan menyampaikan pendapat kita bisa semakin meningkat.

    BalasHapus

Saran dan kritiknya sangat diharapkan

About Me

Andre Tauladan adalah blog untuk berbagi informasi umum. Terkadang di sini membahas topik agama, politik, sosial, pendidikan, atau teknologi. Selain Andre Tauladan, ada juga blog khusus untuk berbagi seputar kehidupan saya di Jurnalnya Andre, dan blog khusus untuk copas yaitu di Kumpulan Tulisan.

Streaming Radio Ahlussunnah

Today's Story

Dari setiap kejadian di akhir zaman, akan semakin nampak mana orang-orang yang lurus dan mana yang menyimpang. Akan terlihat pula mana orang mu'min dan mana yang munafiq. Mana yang memiliki permusuhan dengan orang kafir dan mana yang berkasihsayang dengan mereka.
© Andre Tauladan All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates