Minggu, 28 April 2013

Kuberi Satu Permintaan

 Bwosh!!! tiba-tiba muncul sosok laki-laki pake pakaian tradisonal jawa. Sosok itu akrab dipanggil dengan sebutan Jin di iklan itu. Tadinyasih waktu awal iklan ini muncul saya ikut tertawa karena merasa lucu di setiap seri iklannnya. Tetapi pelakangan ini ketika slogan itu sering terlintas di waktu senggang, saya merasa ada sesuatu yang memang diusahakan agar gampang diingat, iya, slogan itu. Dari situ saya mulai berpikir "ada apa ini?". Saya  merasa ada pesan lain di iklan itu. Saya sendiri tidak yakin apakah karena saya bukan seorang perokok atau memang pesan itu inti dari iklan tersebut. Yang jelas daripada merk rokoknya saya lebih ingat slogannya.

jin iklan 76
gambar : setandika.wordpress.com

Sering di saat tidak ada kegiatan dan pikiran sedang kosong saya teringat slogan itu hingga akhirnya merasa ada sesuatu yang "Lho, kok!?" Seperti orang yang tiba-tiba bangun dari mimpi. Dari perasaan "lho, kok" itu kemudian berkembang menjadi "oh iya, ya" selanjutnya berubah menjadi "wah, jangan-jangan". Yoi, saya merasa iklan itu mengajarkan kemusyrikan. Meminta bantuan kepada selain Allah.

Ahaha... anda boleh bilang saya ini lebay. Boleh banget. Nggak masalah dah.

Mengapa saya menganggap iklan itu mengajarkan atau mungkin mengajak penontonnya untuk menjadi musyrik. Jelas karena hampir di setiap seri iklannya ada saja orang yang minta bantuan ke jin. Mungkin ada yang menyanggah dan mengatakan "Tapi itu kan cuma akting gan". Okelah itu cuma akting, tapi bagaimana dengan pemirsa yang menonton dan mencoba mempraktikan? Dan ingat juga artikel saya sebelumnya tentang sinetron yang merusak citra islam. Di sinetron itu mereka cuma akting. Tapi Ust. YM bilang sinetron itu bisa membuat opini publik tentang islam menjadi jelek. Sama saja dengan iklan ini, bisa membuat pemirsa ikut-ikutan. Tujuan mereka itu memang untuk mencari uang, tujuan produser, dan sutradara juga sama, untuk mencari uang. Tapi apa iya sih cuma itu?

Yah, saya juga tidak tahu pasti sih... tapi... disaat iklan rokok lain membuat skenario yang menampilkan orang-orang sukses, orang-orang penuh semangat dan sebagainya sebagai latar dari iklan rokok, kok ini membuat skenario yang mengunakan jin segala. Nah, mungkin maksudnya untuk membuat cerita seperti Aladin. Saya juga jadi berfikir, Aladin itu kan film garapan Walt Disney, membuat cerita dengan suasana timur tengah. Nanti deh ya kita lihat sama-sama beberapa konspirasi seputar Walt Disney. Bye.

Al Baqarah 165
Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal).

Al Baqarah 186
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

Wallahu a'lam bishshawabi
Andre Tauladan

Kuberi Satu Permintaan

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran dan kritiknya sangat diharapkan

About Me

Andre Tauladan adalah blog untuk berbagi informasi umum. Terkadang di sini membahas topik agama, politik, sosial, pendidikan, atau teknologi. Selain Andre Tauladan, ada juga blog khusus untuk berbagi seputar kehidupan saya di Jurnalnya Andre, dan blog khusus untuk copas yaitu di Kumpulan Tulisan.

Streaming Radio Ahlussunnah

Today's Story

Dari setiap kejadian di akhir zaman, akan semakin nampak mana orang-orang yang lurus dan mana yang menyimpang. Akan terlihat pula mana orang mu'min dan mana yang munafiq. Mana yang memiliki permusuhan dengan orang kafir dan mana yang berkasihsayang dengan mereka.
© Andre Tauladan All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates