Sabtu, 17 September 2011

Download Ceramah K.H. A.F. Ghazali

Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuhu.

Saat ini diwaktu yang sama, saya sedang mengetik postingan ini sambil mendengarkan salah satu rekaman ceramah dari K.H. A.F Ghazali (Alm). Siapakah beliau? Sejujurnya saya sendiri baru mengenal beliau melalui rekaman ceramahnya sekitar tiga tahun yang lalu. 

KH. A.F. Ghazali, adalah da’i kondang yang sangat dicintai oleh umat. Dalam ceramahnya, KH. A.F. Ghazali lebih banyak menggunakan bahasa Sunda. Beliau selalu menggunakan bahasa yang mudah dicerna oleh masyarakat, pandai dalam membuat analogi yang bisa dimengerti. Maret 2008 lalu sebuah buku unik berjudul The People`s Religion : The Sermons of A.F. Ghazali (Agama Rakyat: Ceramah-ceramah A.F. Ghazali) diluncurkan. Buku tersebut merupakan hasil transkripsi dari ceramah-ceramah sang dai yang selama ini terdokumentasikan dalam bentuk rekaman kaset. buku yang ditulis Julian P. Millie –peneliti dari Monash University Australia– memilih empat tema sebagai topik yang ditulis, “Ayat-ayat Allah”, “Ngabageakeun Muharam”, “Tobat”, dan “Tugas Risalah”. Hasilnya adalah satu format buku bilingual, bahasa Sunda danbahasa Inggris.

Salah satu yang membuat ceramahnya gampang dimengerti adalah karena beliau benar-benar memikirkan bagaimana cara penyampaian yang sesuai dengan tempatnya akan ceramah.
Menurut Ibu Hj. A.F. Ghazali, kalau mau ceramah di suatu daerah, terlebih dulu beliau selalu mengadakan observasi. Bagaimana gaya bicaranya di daerah tersebut? Apa mata pencaharian pada umumnya? Bahkan tanahnya pun tidak lepas dari pengamatan KH. A.F. Ghazali. Jika tanahnya gersang, karakteristik penduduknya akan berbeda dengan yang tinggal di tanah subur. Demikian kata Ibu Hj. A.F. Ghazali sambil memperlihatkan koleksi kaset-kaset ceramah KH. A.F. Ghazali. (galuh purba)
Tidak semua da’i memiliki keahlian berceramah yang memikat seperti Ghazali. Maka, dalam konteks tersebut, ceramah menjadi skill dan seni tersendiri yang tidak hanya bernilai profan (duniawi), tetapi juga berdimensi sakral (suci) bagi umat Islam. Ceramah, dalam konteks ajaran Islam tidak lain  merupakan perwujudan titah Tuhan untuk amar  makruf nahi mungkar (mengajak pada kebaikan dan mencegah kemungkaran).

Akan tetapi, untuk ibadah seperti itu, tidak semua orang Muslim mampu menjalankannya dengan halus, santun, bahkan jenaka seperti yang dilakukan Ghazali. Ia piawai mengemas ajaran-ajaran Islam dengan bahasa Sunda bagi khalayak sasarannya yang utama, yaitu penduduk desa di Jawa Barat. Bahasa asli penduduk Jawa Barat adalah bahasa Sunda, yang dewasa ini digunakan oleh kurang lebih 27.000.000 orang (Julian Millie: 2008).

Ceramah bisa jadi merupakan metamorfosis tradisi lisan dalam masyarakat Sunda yang dipengaruhi oleh nilai-nilai Islam. Terlebih, ceramah yang menggunakan bahasa lokal seperti bahasa Sunda adalah suatu kekayaan budaya yang menjadi identitas masyarakat Sunda itu sendiri. Tradisi lisan merupakan cerminan identitas masyarakat atau golongan tempat mereka hidup. Tentu saja, khazanah tersebut tidak boleh hilang hanya karena sang penutur, sang dai, meninggal dunia.

K.H. A.F. Ghazali setelah wafat tahun 2001 mewariskan ceramahnya bagi jemaahnya di tatar Sunda. Saya dan jutaan warga Jawa Barat adalah pewaris aktif (active bearers) tradisi lisan Sunda. Saya sangat apresiatif kepada Julian P. Millie, penulis buku The People`s Religion: The Sermons of A.F. Ghazali. Karyanya akan mendokumentasikan dan menyelamatkan khazanah kebudayaan masyarakat Sunda dari senjakala kepunahan. Dengan menuliskan tradisi lisan tersebut, maka ceramah sebagai satu khazanah budaya diawetkan dan dilestarikan dalam bentuk tulisan, verba volant, scripta manent. (Dede Syarif)

Untuk saya sendiri, beliau adalah penceramah dengan bahasa sunda terbaik yang pernah saya tahu. Selain bahasa sunda, beliau pun paham bahasa inggris. Beliau sudah wafat pada tahun 2001. Semoga Allah menempatkannya di tempat yang baik. Aamiin.

Berikut ini beberapa rekaman ceramah K.H. A.F Ghazali versi mp3. Silakan didownload dan didengarkan, dan anda akan tahu bagaimana lihainya beliau dalam menyampaikan da'wah.

Silakan di download, moga bermanfaat. ^_^ 
Link yang dulu udah banyak yang rusak, ini sudah di update. Hatur nuhun kang erick A

Download Ceramah K.H. A.F. Ghazali

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

12 komentar:

  1. update,,,

    ngabageakeun muharam
    link download,,
    http://dc306.4shared.com/img/512377862/da63f5fd/dlink__2Fdownload_2FdKZHt0F9_3Ftsid_3D20110917-121302-55320671/preview.mp3

    BalasHapus
  2. Ehm,,,, yang datang ke sini komen atuh,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. pntn bd naros sgan trang alamat kh ghojali th dmn ya

      Hapus
  3. Haturnuhun Kang, dikersakeun deui tiasa ngadangukeun ceramah ti Kyai Kahot Sunda. Alhamdulillah ...

    BalasHapus
  4. Ngedownload ϑĩBB mah ngga bisa kang!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. mung ngadonlod ti bebe, ngangge opera weh, in syaa Allah bakal tiasa.

      Hapus
  5. meuni gneh hate teh upami ngadanguken da'wah kh ghozali th

    BalasHapus
  6. link downloadnya rusak kang, punten lereskeun :)

    BalasHapus

Saran dan kritiknya sangat diharapkan

Follow Us

About Me

Andre Tauladan adalah blog untuk berbagi informasi umum. Terkadang di sini membahas topik agama, politik, sosial, pendidikan, atau teknologi. Selain Andre Tauladan, ada juga blog khusus untuk berbagi seputar kehidupan saya di Jurnalnya Andre, dan blog khusus untuk copas yaitu di Kumpulan Tulisan.

Cuit-cuit

Like Dong

© Andre Tauladan All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates